Selasa, 24 Maret 2015

Mitos dan Fakta Seputar Keputihan Yang Perlu Anda Ketahui


Keputihan pada wanita menjadi hal yang umum, bisa dibilang hampir semua wanita pernah mengalami. Sekilas mengenai keputihan, gejala ini ditandai dengan produksi lendir dan cairan berlebih. Penyebab normal berupa stress, kelelahan, dan menjelang haid. Sedangkan penyebab abnormal berupa infeksi bakteri, alergi pembalut, bahkan kanker. Untuk mengetahui mana mitos dan dan fakta seputar keputihan, berikut ini informasi yang saya rangkum dari Kompasiana.

Mitos: Makan nanas, pisang, terong, dan timun menyebabkan keputihan.
Fakta: Sejauh ini, tidak ada makanan yang terbukti menyebabkan keputihan. Kecuali jika Anda alergi terhadap makanan tertentu, maka Anda perlu menghindari makanan tersebut karena bisa jadi reaksi alergi berupa keputihan.

Mitos: Keputihan itu normal dan akan sembuh sendiri.
Fakta: Keputihan bisa saja bersifat normal namun perlu diwaspadai karena 50% terjadi akibat infeksi bakteri. Apabila dibiarkan berkelanjutan, dapat mempengaruhi kesuburan dengan menyumbat saluran telur dan membahayakan kehamilan dengan memicu ketuban pecah dini.

Mitos: Keputihan bisa diobati dengan air rebusan daun sirih.
Fakta: Daun sirih mengandung antiseptik yang tinggi, akan tetapi membilas kemaluan dengan air rebusan daun sirih hanya menghilangkan kuman di permukaan saja. Tidak menghilangkan bakteri penyebab keputihan itu sendiri. Pemberian antibiotik lebih disarankan.

Mitos: Keputihan dapat diobati dengan ramuan herbal yang dimasukan ke jalan lahir.
Fakta: Ada banyak jamu tradisional yang bisa mengobati keputihan, baik dengan cara diminum ataupun dengan cara dimasukan ke jalan lahir. Tidak ada penjelasan ilmiah mengenai cara yang kedua, namun dokter tidak merekomendasikan teknik ini. Dengan memasukkan benda asing yang tidak steril, maka akan meningkatkan keparahan dari keputihan tersebut. Bukannya menghilangkan kuman, malah meningkatkan kuman itu sendiri.

Apakah artikel ini cukup membantu? Mari gunakan tombol share untuk membagikan informasi ini kepada wanita lainnya. Jika Anda mencari obat herbal keputihan yang manjur serta telah terdaftar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) cobalah Sehat Wanita, terbuat dari ekstrak daun sirih, biji pinang, temulawak, kencur dan sambiloto.

34 komentar

info yang bagus nih, cocok buat para wanita yang sedang ngalaminya:)

Makasih gan informasinya. Sukses selalu

Terima kasih info nya..sangat bagus untuk wanita yang memerlukan.
Gaya hidup sihat juga perlu, kerana mencegah lebih baik dari merawat.

informasi menambah pengetahuan wid :) ternyata yang selama ini katanya kalau makan timun dsb bisa membuat keputihan cuman mitos doang yaa :)

wah mengupas masalah keputihan nih....kalau yang saya dengar mbak, keputihan itu yang jelas penyakit atau karena kuman dan perlu diobati....selain bau juga tidak subur efeknya yaa...

Iya cocok dibaca oleh ladies ini mah ya.. hehehehe :)

saya baca yak, mana tau terjadi sesuatu, hehe

ini sangat perlu sekali diketahui oleh kaum hawa ya mbak :D

Semoga bisa bermanfaat yakk :)

Betul banget mba..
Karena kalau merawat suka rempong :D

Iya ih seneng banget ternyata yang kita takuti itu hanya mitos semata hihihi

Harus di obati sebelum menjadi suatu penyakit bagi wanita :)

nambah pengetahuan nih, ternyata cuman mitos ya mba memakan timun menyebabkan keputihan

Cowok boleh baca juga ga, nih? Soalnya di G+ recomended buat cewek2. Heheh

Penyakit normal, tapi wajib segera di obati.

kalo sering keputihan wajib waspada, siapa tahu adalah tanda awal suatu penyakit tertentu

Air rebusan daun sirih atau cairan semacam yang dijual di pasaran hanya untuk permukaan saja ya, Mbak, bukan mengobati penyebab utamanya.

Alhamdulillah mitos doang..

cie seneng :D

Boleh baca terus rekomendasikan sama mamahnya :)

Saya cowo jadi ga usah baca yah hahah

wah makasih udah sharing artikel kaya gini, jadi nambah ilmu deh heheh

VONNYDU

baru tau ternyata nanas bukan pemicu keputihan

wah wah mitos toh ya kalo kebanyakan makan timun bsa menyebabkan keputihan.
baru tau saya mba, hheehee


*buruburubelitimunsekarung

wah, info keputihan ini sangat bermanfaat sekali teh, khususnya bagi kaum wanita. karena ternyata keputihan bisa menyebabkan penyakit tertentu yg sangat berbahaya bagi kaum wanita...

Cocok banget buat wanita hehe

Infonya cocok untuk wanita, Tapi pria juga harus tau infonya, meski ngga pernah mengalami keputihan :D kebanyakan hanya mitos dan hanya sedikit fakta...

untung cuma keputihan, nggak kehitaman.

Kalau aku ngga keputihan, tapi kehitaman :D

Bisa langsung konsultasikan kepada bidan/dokter spesialis

Kalau untuk mengobati penyebab utamanya biasa minum obat anti biotik sih yang aku tahu.

Semoga bisa bermanfaat ya :)

Kita sama-sama tahu dan saling memberitahu juga kepada para ladies :D

Syukurlah sekarang sudah tahu hihihi

Ada baiknya para wanita lakukan konsultasi pada bidan atau dokter spesialis supaya keputihannya tidak akan menyebabkan suatu penyakit yang serius.

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon