Rabu, 25 Maret 2015

Nutrisi Penting untuk Menaikkan Berat Badan

Nutrisi Penting untuk Menaikkan Berat Badan

Sebagian besar dari kita pasti ingin menurunkan berat badan. Tetapi disisi lain, walaupun tidak banyak, ada orang-orang yang sangat ingin menaikkan berat badannya. Mungkin Anda akan berpikir apa sih susahnya menaikkan berat badan. Cukup makan junk food sebanyak-banyaknya dan dalam beberapa bulan berat badan akan bertambah secara drastis. Namun orang yang underweight tidak bisa sembarangan menambah berat badannya.

Makanan yang tidak sehat dapat membuat berat badan bertambah tapi tubuh kekurangan nutrisi. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan nutrisi yang diasup. Beberapa nutrisi dibawah ini sangat penting untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat, diantaranya sebagai berikut.

1. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat sangat penting untuk dikonsumsi agar tubuh bisa mendapatlan energi. Karbohidrat yang masuk ke tubuh akan pecah menjadi gula dan kemudian memberi energi ke tubuh dan sisanya akan tersimpan sebagai lemak. Maka dari itu, pilih karbohidrat kompleks untuk mengurangi penyimpanan lemak. Mengganti nasi putih dengan nasi merah dan roti dengan roti gandum akan membantu Anda mendapatkan karbohidrat kompleks.

2. Protein

Protein sangat penting dalam proses penambahan berat badan. Dengan mengonsumsi protein yang cukup, berat akan didapat dari massa otot yang bertambah dan bukan lemak. Anda dapat mengonsumsi makanan laut seperti salmon dan tuna karena kandungan proteinnya sangat tinggi. Disamping itu lengkapi dengan susu skim dan selai kacang.

3. Lemak

Kita selalu berpikir bahwa lemak perlu dihindari karena akan membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal tubuh juga membutuhkan asupan lemak. Oleh karena itu, makanan berlemak sangat dibutuhkan oleh orang dengan berat badan kurang. Tetapi pilihlah lemak yang baik seperti yang terkandung dalam mentega dan keju.

4. Kolesterol Baik

Tubuh butuh asupan kolesterol untuk menambah berat badan. Pilihlah kolesterol baik yang terkandung dalam ikan bakar dan telur mentah. Telur mengandung banyak nutrisi penting yang dapat mengatasi kekurangan nutrisi. Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond untuk menambah asam lemak Omega-3.

18 komentar

Itu mah pengalaman saya banget mbak, dulu sewaktu masih kurus saya pengen banget bisa menggemukan badan, eh sekarang malah saya pengen kembali normal lagi mbak :D

Gue kayaknya udah sering deh mengkonsumsi makanan yang berlabel seperti postingan diatas . . Tapi berat badan gue kok nggak naik-naik ya . . ?? :((
Mungkin gue kena kutukan kali ya . .?? :((

ini termasuk cara menggemukkan badan ya mbak, saya berat badannya masih kurang ideal pengen nambah lagi, cocok banget langsung di coba ah

santai kang,
isteri pasti nggak disalahin sama saudara-saudara sekarang

(dari balik pintu)
haii Mbak

ternyata tubuh juga membutuhkan asupan lemak ya mas,,hehe

makasih mas infonya..

dulu sewaktu aku masih kecil badan aku engga sekurus ini mbak, boleh juga nih dicobain tips diatas ya semoga aja badan aku kembali gemuk. Thanks mbak

Konsumsu hi green aja mas hehe

Dramatis banget deh mas wkwk, ada yang salah kali sama pencernaanya :)

Iya dong kalau ngga ada lemak, kurus kering kerempeng dong x___x

Lakukan diet + olahraga + konsumsi hi green

Yeay!! Semoga berhasil ya sulis, sama-sama :)

ooo.. patut pun gak kurus2.. menkonsumsi yang beginiann..

isha termasuk orang yang susah sekali naikin berat badan.. :| padahal makannya banyak dan seimbang.. heuheu

Aku maunya ngurusin berat badan mba :)
nice tips ^_^

Kalau mau nanya kesaya bagaiamana caranya menambah berat badan. yaaa ngemil. kalo ada msalah yaa ngemil. kalao lapar ya makan trus ngemil. Sudah terbukti sama saya. hehehehehe
sampe -sampe saya maunya turun berat badan.

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon