Kamis, 19 Maret 2015

Sayuran Mentah Tak Selalu Menyehatkan Tubuh

Sayuran adalah bahan pangan yang berasal dari tumbuhan, anda bisa dengan mudah mendapatkan sayuran dipasaran. Mengkonsumsi sayuran dipercaya dapat menyehatkan tubuh karna pada sayuran terdapat banyak nutrisi. Bahkan ada yang suka mengkonsumsi sayuran secara mentah karna sayuran mentah kandungan nutrisinya lebih banyak, mereka menganggap sayuran yang sudah dimasak kandungan nutrisinya akan berkurang karna terampas oleh panas dari proses pemasakan.




Jadi lebih baik dimakan mentah atau dimasak? Penelitian dilakukan di birmingham city university bahwa tidak semua sayuran baik dan aman untuk dikonsumsi secara mentah.
"Tomat, bayam, wortel, asparagus, dan jamur adalah sayuran yang jauh lebih baik untuk Anda konsumsi setelah dimasak daripada dikonsumsi secara mentah, Serat yang ada di dalam tumbuhan sering mengikat mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara proses pemasakan yang menghasilkan panas membantu untuk melepaskan mineral tersebut dan kemudian memberikan manfaat pada tubuh. Sebagai contoh, proses pemasakan malah akan meningkatkan proses pelepasan likopen dalam tomat sehingga dapat mengurangi risiko kanker prostat, Sedangkan bayam kaya akan zat oksalat, zat besi, dan kalsium yang juga mampu dilepaskan secara sempurna lewat proses pemasakan." ucap Mel Wakeman, nutrisionis dari universitas tersebut.
Walaupun demikian Mel Wakeman menyebutkan agar tidak terlalu lama memasak atau menumis sayuran tersebut.
Situs boldsky juga melansir beberapa makanan yang tidak boleh anda makan secara mentah yaitu terong, kacang-kacangan, kacang merah dan kentang.

Terkadang orang-orang awam mempercayai bahwa mengkonsumsi sayuran mentah akan jauh lebih baik daripada dimasak, namun dengan adanya penelitian membantu anda untuk mengetahui mana yang lebih baik. Tubuh sehat memang sangat diharapkan setiap orang, namun untuk mendapatkan tubuh yang sehat anda perlu mengkonsumsi makanan bernutrisi.


58 komentar

Bahaya juga kalau ternyata sayuran mengandung obat-obat pestisida untuk membasmi hama

saya suka makan mentimun saja, yang lain saya lebih suka kalau sudah masak

kalo mau gemukin badan lebih efektif makan sayur

kalau terong dan kacang-kacangan sudah sering melihat dijadikan lalapan teman makan, tetapi kalau kentang belum pernah. dan ternyata tanpa kita sadari obat-obat pestisida didalamnya secara langsung masuk ketubuh juga ya mas bila memakannya sebagai lalapan.

iya mas, makanya lebih baik dimasak aja sayur nya.tapi jangan kelamaan masaknya biar nilai gizi nya ga hilang banyak..

iya mas hati-hati kalo makan yang lain..

iya tapi sayur nya dimasak dulu yah..

wah nambah wawasan nie buat saya, kalo saya mah paling sayuran mentah yang biasa dijadikan lalapan aja kang seperti kacang panjang atau mentimun :)

kalo mentah gak suka, soalnya pahit

kebayang saya terong dimakan mentah. hihiii enak kali ya?
OK mas ketangkep pesennya

hehe, iya mba.kalo saya paling lalapnya yg hijau-hijau.asal jangan sayuran yang disebutkan diatas saja..

kalo kacang-kacangan usahakan dimasak dlu mas..

hehe, mas zach suka terong mentah yah..

bener, apalagi yang disemprot...
kalo direbus mungkin jauh menyehatkan y

kalo kacang panjang boleh di makan mentah engga mang kodik :D

Mungkin yang boleh dimakan hanya sayuran yang hanya menggunakan pupuk alami ya mas. Bahaya juga kalau mengandung pestisida.

harus pandai2 memilih mana yg bagus dimakan mentah mana yg kudu dimasak dulu yamas

mas zach mah semua nggak mas
nggak nolak

misalnya kacang plastik kan mas?
hahaha

memang ada beberapa sayuran mentah itu enak dan menyehatkan untuk tubuh. tapi minimal direndam dulu di air panas untuk mematikan kumannya. karena pada beberapa kasus, kuman tidak bisa hilang dengan hanya di cuci aja mas. ok makasih infonya.

Jangan lupa baca basmalah mas :)

jadi bagaimana caranya nih mas agar ketika kita memilih sayuran yang mentah biar tetap bisa membawa manfaat sehat, justru tidak meneyebabkan sakit

Tapi kalau makan mentah ada juga yang baik lho?

OALAH iya ya mas, hmmm kebanyakan orang memang mengira hal yang sama, termasuk aku. hehe alhamdulilah jd tau nie skrng :D

waduh klo terong dimakan mentah kayak ap aya? klo wortel sih enak

sungguh bahaya itu mas, mulai sekarang saya gak mau makan yang mentah, karna yg mentag kurang enak kecualli rujak mangga hahahah

iya mba bener direbus lebih enak trus kasi masako heheh

klo mau aman mending nanem sendiri, itu saya nanam sayur didepan rumah, yang mau monggo

iya mba lebih baik direbus dulu biar aman..

menurut saran sih ngga boleh peh..

iya mas,atau mungkin karna memang sayuran yang disebutkan diatas memang lebih baiknya dimasak dulu..

iya mas, karna takutnya terjadi hal semacam keracunan mas kalo ga pake aturan..

iya mbah, sama-sama..
memang tak cukup dicuci aja mbah..

iya mba, terimakasih tambahan nya :)

harus dibersihkan dulu mas, tapi untuk sayuran yang disebutkan diatas disarankan untuk dimasak dulu..

iya mas, namun tak semua sayuran baik dimakan mentah.seperti yang saya sebutkan diatas :)

hehe, iya mba.masih banyak yang belum mengetahuinya..

hehe,kalo buah mangga emang enak mas..

bnr bnr nih baru ini kesukaan saya


beritipssehat.com
solehudincc.blogspot.com

hehe,iya mas.takutnya ada bakteri yang tak terduga mas.makanya disarankan direbus dulu..

saya suak banget maklan tomat mentah.. cuma jarang bnaget makannya. ibu saya malah seing memberi makan yang sudah beberapa kali dipanaskan. hehehehe

ya harus dimasak dengar apalagi untuk ibu hamil sebaiknya jangan mengkomsumsi makanan mentah

gak bisa bayangin mas kalau makan wortel mentah... hehe
untungnya gak baik ya...

wow kita harus waspada juga ya, jadi kalau lihat ulat di sayuran malah jadi tentram yak, karena organic?

Mesti waspada, perlu di cuci bersih dan aku mmg ngak begitu suka ama sayuran mentah. Rasa nya rada2 aneh :-)

untuk saya kurang suka sama lalapan,apalagi lalapan mentah :)

maksudnya kesukaan apa ya mas?

bagus dong mas, mungkin takut sayuran tersebut kurang bersih jadi dipanaskan dulu..memang kandungan nya tak sebagus yang mentah,tapi yang mentah juga kan belum tentu aman..

untuk ibu hamil ga boleh ya mba, terimakasih sharingnya...
soalnya saya blum menikah juga, hehe mungkin bisa diterapkan nanti setelah menikah

hehe, iya mba, saya mah wortel yang matang aja ga doyan.hehe

iya mas salman harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan, namun menurut penelitian makanan yang disebutkan diatas saja yang ga boleh dimakan mentah..

ga suka sayuran mentah ya mas, memang beberapa sayuran diatas lebih baiknya dikonsumsi setelah dimasak..

hehe, iya bagus mba, karna sayuran yang baik dimakan setelah dimasak hanya itu saja.. :)

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon