Senin, 30 Maret 2015

Sayuran Yang Mengandung Vitamin C

Sayuran Yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk untamnya yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstaseluar. Meskipun jeruk dikenal sebagai buah penghasil vitamin C terbanyak, sebenarnya salah besar,karena lemon memiliki kandungan vitamin C lebih banyak 47% daripada jeruk.

Sumber vitamin C umumnya banyak terdapat pada buah-buahan. Tapi ada pula beberapa jenis sayuran yang juga kandungan vitamin Cnya. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per harinya. Anda bisa mendapatkan dari kombinasi konsumsi buah dan sayur dengan cara dimakan segar atau dijus, diantaranya sebagai berikut.

1. Selada Air
Sayuran yang bisa diolah menjadi salad dan sayur berkuah ini mengandung 43 mg vitamin C dalam setiap 100 gram. Jika kurang suka rasanya yang agak langu, bisa ditambahkan perasan jeruk nipis dan minyak zaitun.

2. Brokoli
Sayuran dengan tekstur renyah ini mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk dalam 100 gram nya. Brokoli 'mengantungi' antioksidan yang baik untuk menjaga kecantikan kulit ini sebanyak 89,2 mg.

3. Paprika
Paprika, terutama jenis paprika kuning mengandung vitamin C yang cukup banyak. Dalam satu butir paprika ukuran besar (186 gram) mengandung sedikitnya 341,3 mg vitamin C. Jadi Anda hanya perlu memakan setengah potong paprika untuk mencukupi kebutuhan vitamin C.

4. Kemangi
Daun dengan aroma khas ini memiliki kandungan vitamin C sebanyak 43 mg. Kemangi biasanya dikonsumsi sebagai lalapan atau bumbu tambahan pada makanan berjenis kari atau sup asam manis.

5. Sayuran Hijau Pekat
Sayuran berwarna hijau pekat seperti bayam dan kangkung juga kaya akan vitamin C. Dalam 100 gram sayuran yang sudah dipotong-potong atau dicincang, terdapat 120 mg vitamin C.

6. Kacang Kapri
Kacang yang sering dijadikan tumisan atau sup bening ini mengandung 60 mg vitamin C dalam 100 gram nya, atau setara dengan dua cangkir.

Demikian artikel pada hari ini yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan semakin tahu betapa banyak manfaatnya makanan yang berada di negara kita sendiri. Saya selaku admin hanya berbagi dan izin share saja agar yang belum kita tahu sekarang menjadi tahu dan rajin-rajinlah untuk mengkonsumsi sayur-sayuran.

Sumber dari wolipop.com

24 komentar

kalo ngomongin sayuran mah saya paling suka banget deh, apalagi brokoli tuh beuh mantep banget :)

di tempat saya yang paling banyak adalah sayuran kemangi mas, memang enak buat lalap apalagi buat ayam bakar,mak nyus tuh

tidak hanya buah-buahan saja yang mengandung vitamin C ya mas, ternyata banyak sekali sayuran yang bisa di jadikan alternatif penghasil vitamin C,makasih sharingnya mas

cocok banget nih mas,bisa makin tahu jenis tanaman yang banyak mengandung vitamin C nih

kalau sayuran semuanya saya suka mba..

wah berarti menu saya ada vit c nya tuh. kemangi. hehehehe

wah, kalau dibuat sop, bisa seger dan dapat semua manfaatnya mbk, mau saya...

Brokoli emang mantep banget kaya akan vitamin (y)

Daun kemangi itu bauuuu :D

Iya sama-sama, semoga bermanfaat :)

Aku juga semakin tahu hehe

Iya lah teteh santika semuanya aja suka :P

Kenapa suka daun kemangi, menurut saya itu ga enak bau lagi :D

Tapi di sayurnya jangan terlalu lembek, setengah mateng aja

banyak ya mbak makana yang bersumber vitamin, Makasi mbak >:)

vitamin c juga ada di sayuran tidak hanya pada buah, namun kandungan vitamin c yang paling banyak ada di buah kiwi mba

paling doyan dengan brokoli kukus trus dikasih keju,, nyammm. pengen nyoba dijus tapi belum berani takut gak doyan hehe

banyak sayuran nya tapi sayangnya saya ga suka sayuran

hampir setiap hari saya makan sayuran , ha

Banyak banget, sama-sama semoga bermanfaat :)

Coba aja tambahin gula biar rasanya manis :)

Semua jenis sayur ga suka? sayang banget

Sekali-sekali makan daging biar ga bosen :P

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon