tips

Tips Mengatasi Mata Lelah

Maret 02, 2015 Wida Zee 23 Comments

Tips Mengatasi Mata Lelah

Rasa lelah, kering bahkan pusing bisa dirasakan karyawan saat terlalu lama menatap layar komputer, laptop atau gadget. Sebagai wanita karir yang tak bisa lepas dari komputer, hal ini pasti pernah Anda alami. Di tengah kesibukan menyelesaikan pekerjaan, masalah tersebut bisa cukup mengganggu dan jika dibiarkan bisa menyebabkan rusaknya penglihatan. Agar kesehatan mata tetap terjaga, inilah beberapa tips mengatasi mata lelah karena terlalu lama berhadapan dengan layar monitor, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Istirahat Sejenak

Apabila mata Anda sudah mulai tidak kuat dan terasa perih cobalah untuk mengistirahatkan sejenak mata Anda. Supaya mata Anda akan kembali normal dan tidak terasa suntuk secara terus-menerus. Dengan istirahakan juga dapat membantu bagian tubuh lainnya menjadi tidak sakit akibat terlalu lama duduk di depan monitor. Dan cobalah untuk beristirahat walaupun sebentar dan itu akan bermanfaat sekali untuk tubuh Anda sendiri.

Baca juga: [Menjaga Kebugaran Tubuh]

2. Pijat Mata

Dengan cara memijat mata Anda secara perlahan juga akan membantu menghilangkan mata lelah Anda walaupun sedikit demi sedikit. Lakukan pijatan perlahan-lahan ke bagian mata Anda supaya menjadikan mata Anda fresh kembali.

3. Sering Berkedip

Melakukan tips yang ke 3 ini bukan menjadi orang yang cacingan ia. Melakukan sering berkedip ini berfungsi untuk pada mata Anda agar tidak semakin lelah dan membuat penglihatan akan semakin tajam.

4. Gunakan Kacamata Khusus

Pakailah kacamata khusus radiasi agar nanti tidak akan menyebabkan kerusakan pada mata Anda. Carilah kacamata yang khusus di pakai saat di depan monitor dan ini berguna untuk agar mata Anda tidak terbebani dan mencegah kerusakan mata.

5. Posisi Cahaya Komputer dan Cahaya Monitor

Ini juga sangat berpengaruh untuk kesehatan mata Anda nantinya. Selain membuat mata menjadi lelah, penempatan yang kurang baik dari cahaya komputer dan cahaya monitor juga akan menyebabkan mata jadi rusak. Aturlah jarak mata dengan komputer dan atur juga cahaya komputer atau monitor lainnya agar tidak terlalu terang atau redup.

6. Konsumsi Vitamin dan Mineral

Memperhatikan asupan makanan juga sangat penting bagi kesehatan mata Anda. Perbanyaklah mengkonsumsi asupan vitamin A, C, E dan B. Dan berpanyak juga mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mata Anda seperti wortel dan lain-lain berfungsi untuk meningkatkan kualitas penglihatan mata kita.

Baca juga: [Suplemen Nat C 1000]

Demikian tips-tips yang dapat saya sampaikan untuk berbagi tentang bagaimana cara mengatasi mata lelah akibat terlalu lama berhadapan dengan komputer atau monitor. Semoga ini bisa bermanfaat dan membantu Anda semuanya bekerja seharian di depan monitor. Dan saya sudah berbagi tips ini karena saya juga sama bekerja 8 jam per hari di depan komputer terus-terusan dan semoga bermanfaat.

23 komentar:

  1. Istirahat yang cukup dan kalau mata sudah lelah di depan monitor terus menerus berhenti sejenak sambil melihat objek yang jauh sehingga mata tidak cepat lelah..... Setauku sih cuma itu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas, istirahatkan sejenak agar nanti matanya tidak rusak :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Jangan terus-terusan begadang nanti di ceramahin bang haji roma lhoooo

      Hapus
  3. sering kedip itu saya setuju banget mbak wida hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi jangan keseringan nanti dikira cacingan lagi :D

      Hapus
  4. belum pernah dipraktekin kalo yang harus sering kedip hehehe

    BalasHapus
  5. yang jelas kayaknya memang harus istirahat yang cukup dan minum suplemen agar menyegarkan....kadang banyak lelahnya kalau udah depan kompi kalau terlalu lama...kalau laki-laki sih lihat yang benih=ng-bening juga termasuk menyegarkan mbak...heeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadeeeeeh pasti yang bening-beningnya itu istrinya kan mbah? :D

      Hapus
  6. Sering2 berkedip jadi cara yg simple, tapi sring kelupaan

    BalasHapus
  7. wahh thanks banget tipsnya :)

    VONNYDU

    BalasHapus
  8. lebih baik terapkan sayang pertama saja, istirahat karena dengan istirahat sangat menjaga kesehatan tubuh dan juga mata..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istirahat yang cukup juga udah lebih dari cukup :)

      Hapus
  9. tips yang bermanfaat ini akan saya coba praktekkan

    BalasHapus
  10. Tips yang bagus nih...apalagi jika mengalami mata lelah di tempat kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempat kerja bukan lelah lagi miss tapi sangat lelah :')

      Hapus
  11. Wah saya banget ini mba wida. Kadang sampe pusing gara-gara mata lelah.

    Kacamata khusus itu yg kayak mana ya mbak? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mba wulan punya kegiatan sehari-hari di depan monitor sebaiknya pakai kacamata yang baik untuk menatap sinar dari komputer.

      Hapus
  12. kalau aku lebih sering konsumsi mineral mba, dan skrang niatnya mau beli kaca mata :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air banyak sekali manfaatnya tapi tidak semua orang menyadari kelebihan dari air putih..

      Hapus

Yang komentar pasti Tamvan Dan Cantik :)