Minggu, 26 April 2015

Manfaat dari Berjalan Kaki Yang Bisa Kita Dapatkan

Manfaat dari Berjalan Kaki Yang Bisa Kita Dapatkan
Jalan kaki adalah olahraga yang murah, aman dan sangat menyenangkan bila dilakukan bersama teman-teman, pasangan atau keluarga. Dan jangan pernah menganggap remeh jalan kaki, karena tidak sedikit manfaat yang bisa kita dapatkan dari sekedar berjalan-jalan.

Aktivitas fisik yang dilakukan secara lanjut dan dalam waktu yang panjang dapat melatih kesegaran jasmani seseorang, termasuk berjalan kaki. Selain melatih kesegaran jasmani, oksigen yang dihirup dan diedarkan akan melancarkan sirkulasi darah. Efeknya, kondisi tubuh tak cepat lelah dan lebih cepat mengembalikan tubuh pada kondisi normal, serta mengurangi stres atau depresi.

Ada 4 (empat) manfaat yang akan didapatkan untuk kita ketika setiap hari melakukan berjalan kaki, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Risiko Penyakit Jantung dan Stroke Menurun
Berjalan selama 30 menit hingga 45 menit setiap hari bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu mengatur denyut jantung. Hal ini juga baik dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga Anda terhindar dari penyakit jantung dan jauh dari ancaman stroke.

Baca juga: [Alerten Q25 untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat]

2. Mencegah Impotensi
Memiliki kebiasaan berjalan kaki minimal 3 km setiap harinya dipercaya mampu mengurangi risiko impotensi pada pria. Jurnal American Medical Association dan efeknya akan lebih berpengaruh pada pria setengah baya dan pria dengan masalah diabetes.

3. Mengatasi Nyeri Punggung
Bagi penderita nyeri punggung dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki adalah obat yang alternatif. Jalan kaki dengan kecepatan rendah yang stabil dan seimbang justru akan menjaga dan meningkatkan kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari, sambil turut mengurangi kecenderungan timbulnya nyeri punggung di kemudian hari.

Baca juga: [Calcium D Bantu Menjaga Kesehatan Tulang]

4. Meningkatkan Kemampuan Otak
Untuk memulai berjalan kaki, Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu lari. Anda bisa berjalan di taman, teras atau di atas treadmill dan kapan saja. Pagi, siang, sore atau malam setelah makan malam. Mulailah berjalan selam 10 hingga 15 menit, kemudian tingkatkan waktu Anda secara bertahap. Perlu diketahui juga, berjalan kaki juga bisa meningkatkan kemampuan otak. Berjalan kaki 45 menit tiap harinya dapat membuat otak lebih tajam dan meningkatkan kewaspadaan.

Baca juga: [Cal D Chewz untuk Kemampuan Otak Anak]

20 komentar

Point no 4 ok banget kayaknya....

tiga kilometer setiap hari, kayaknya belum bisa terpenuhi itu kecuali kalau yang jalan naik turun tangga kantor juga terhitung sama jalan ke warung untuk makan... jalan atau jongging biasanya hanya satu kali dalam satu minggu

Waduh, terima kasih banget mbak Wida. Artikel ini menyadarkan saya betapa saya akhir-akhir ini malas berjalan kaki.Padahal manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan apalagi sudah mulai masuk usia paruh baya....

kalau saya sih dulu sering mas jalan kaki, tapi saat ini bisa dihitung jarang tu :D

kalo disebutin semua kayaknya lebih banyak lagi deh manfaatnya, tapi mungkin itu yg utama.. harus sering2 jalan kaki nih!

Walaupun agak mudah..manafaatnya ada begitu banyak. Moga saya boleh praktikkan nya selalu.
Thanks for the tips Ipah :)

kalo saya pastinya membutuhkan 2pasang sepatu
soalnya kalo lari sendiri malesss :)

Iya kalau bagi orang-orang yang mempunyai kegiatan lebih lama di tempat kerja paling bisa olahraga hari sabtu atau minggu aja

Sama-sama mas, sama-sama mengingatkan juga.

Disini adminnya perempuan bukan mas-mas.

Iya ini hanya beberapa saja yang disebutkan.

Tidak apa-apa miss, sekarang di Natureve adminnya saya hihihi

Iya makanya ajakin temennya biar nggak sendirian banget :D

aaa jadi pengen jalan kaki mba, manfaatnya banyak banget yak. Apalagi ada manfaat mengasah kemampuan otak dari berjalan kaki.
Otak saya akhir2 ini udah mulai menurun tingkat kemampuannya. Mudah lelah juga, apa-apa cepet lupa.
Kadang kalo ada ketemu Zayn Malik, saya sering lupa kalo ternyata saya udh punya pacar, -__-

Kalau gitu harus banyak2 jalan kaki ya, supaya lebih sehat

Jalan kakinya enak pagi hari seger bgt tuh udara yang menghirup baru sedikit he he :) dobel manfaat udah sehat liat pemandangan pula

Kenapa ujungnya bawa-bawa nama Zayn Malik coba? Zzzzzzz

Jalan kaki semua badan akan tergerakan

Seger, cobain dehhh seger banget hihihi

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon