Selasa, 05 Mei 2015

Manfaat Melakukan Yoga Bagi Tubuh

Manfaat Melakukan Yoga Bagi Tubuh
www.huffingtonpost.com

Yoga menjadi alternatif olahraga bagi Anda yang malas untuk latihan yang berat. Banyak manfaat yang bisa didapat dari yoga. Sehingga tak heran banyak wanita yang kini beralih untuk ikut kelas yoga. Dan ada beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan apabila Anda melakukan latihan yoga. Apa sajakah itu?

1. Fleksibilitas
Ketika beberapa orang berpikir tentang yoga, mereka membayangkan seperti fitnes. Sehingga merasa terlalu tua dan tidak fit untuk melakukan yoga. Salah satu bagian dari yoga disebut asanas yang bekerja secara aman untuk stretching otot Anda. Proses ini melepaskan asam laktat yang biasanya menyebabkan kekakuan, ketegangan, sakit dan kelelahan. Selain itu, yoga juga meningkatkan berbagai gerakan dan lubrikasi di sendi.

Stretch pada yoga tidak hanya untuk otot tapi juga seluruh sel-sel tubuh Anda. Peningkatan fleksibilitas sebesar 35% setelah 8 bulan melakukan yoga. Keuntungan yang paling besar adalah fleksibilitas di pundak dan di badan.

2. Konsentrasi dan Mood Menjadi Lebih Baik
Manfaat yang didapat adalah adanya peningkatan aliran oksigen ke otak. Yoga juga disarankan sebagai terapi untuk meringankan gejala obsessive dan disorder.

3. Kekuatan
Beberapa gaya dari yoga seperti ashtanga dan power yoga adalah yang paling kuat dibandingkan yang lain. Mempraktikan salah satu dari gaya ini akan membantu meningkatkan otot Anda. Gaya yoga lainnya seperti lyengar yoga, yang hanya berfokus pada sedikit gerakan dan pengaturan posisi yang lebih tepat, bisa meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh.

4. Postur
Dengan peningkatan fleksibilitas dan kekuatan akan menghasilkan postur tubuh yang lebih baik. Banyaknya gaya berdiri dan duduk akan mengembangkan kekuatan inti. Manfaat lain dari yoga adalah meningkatkan kesadaran diri kita. Kesadaran tinggi ini bisa memberikan peringatan jika Anda bungkuk atau slumping sehingga bisa langsung menyesuaikan sikap.

5. Mengurangi Stres
Beberapa gaya yoga menggunakan teknik meditasi khusus untuk membuat pikiran yang sering stres menjadi lebih tenang. Gaya yoga lainnya juga tergantung pada teknik bernafas yang mendalam untuk memfokuskan pikiran sehingga membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Demikian ulasan tentang yoga semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan yang belum mencoba olahraga yang satu ini, yuk mulai membiasakan untuk hidup sehat agar tubuh kita pun tidak gampang sakit atau stres.

25 komentar

olahraga yoga ini sekarang ini lagi ngetrend ya mbak, dan ternyata begitu banyak manfaat dari melakukan yoga ini :)

Harus dicoba nih, saya belum pernah nyobain yoga

Bisa ngurangi stress.....coba ah

Mas marnes udah pernah coba olahraga ini belum? hehehe

Iya biar tenang lagi pikirannya :p

yoga kayaknya lagi tren nih mba ibu-ibu di kantor juga banyak yang menggelutinya

Yoga itu olahraga yang simple, tapi memberikan banyak manfaat buat tubuh kita, bukan begitu mbak? :)

bbiasanya saya cuma peregangan doang.. pas mau coba yoga ga asik.. ga ada instruktur dan ga ada cewek cantik. cuma dikamar sendirian

sayang ditempat saya belum ada komunitas yoga

banyak skali trnyata manfaat yoga mas, pengn coba nih

Saya juga kadang kalo lagi banyak pikiran sering melakukan Yoga Teh... sedikit demi sedikit bisa mengurangi stres dan pikiran menjadi rileks lagi xixiiii....

Dari dulu juga yoga udah menjadi tren mas :D

Mau mejeng atau mau olahraga? x_x

Mba lela aja yang mulai ngadain atuh hehehe

Iya betul relax kembali deh

saya suka yoga, bener2 bisa bikin berkeringat dan ngos2an kayak lari heheh

Banyak manfaatnya ya olahraga yang banyak diemnya ini..

Belom pernah olahraga yoga nih. Ini emang buat cewek doang ya? Soalnya sering banget liat foto orang lagi yoga, biasanya cewek-cewek.

yoga itu kayak mana aja ya, hehehhee

cuma semenjak banyak artis yang menggelutinya kemudian di ekspos jadi tenar mba hhe

Bukannya yoga itu olahraga yang paling santai yaa mba ayu? :D

Ya ampun, olahraga yoga ini bukan di khususkan untuk perempuan saja ko mas renggo, laki-laki juga bisa, cobain deh :)

Itu seperti contoh gambar di atas mas, kalau masih belum paham coba googling gambar2 orang yang sedang yoga deh :D hehehe

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon