Rabu, 03 Juni 2015

Cara Mengurangi Keringat yang Berlebihan

Cara mengatasi Keringat yang Berlebihan
Apakah anda pernah menghindari berjabat tangan dengan orang lain karena tangan anda berkeringat? Atau apakah kaki anda mengeluarkan banyak keringat sehingga kaus kaki dan sepatu yang anda pakai selalu bau?

Berkeringat sebenarnya adalah mekanisme yang dialami oleh seseorang untuk mengatur suhu tubuh dan sebagai respon normal bagi tubuh terhadap rasa panas ataupun aktifitas fisik yang berat misalnya pada saat seseorang sedang melakukan olehraga.

Tubuh yang biasa mengeluarkan keringat sering dikatakan sebagai tubuh yang sehat, hal itu memang benar adanya. Namun, apabila keringat yang keluar dari tubuh kita berlebihan tentunya hal itu justru akan menimbulkan masalah yang dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya didi misalnya saja aroma yang tidak sedap atau sering disebut bau badan.

Bila anda mengalaminya, mungkin saja anda menderita hyperhidrosis atau kelainan yang menyebabkan produksi keringat berlebih. Namun meskipun tidak menderita penyakit tersebut, keringat berlebih akan membuat anda merasa tidak nyaman dan minder karena keringat dapat membuat tubuh anda basah dan bau. Beberapa tips di bawah ini dapat berguna untuk mengurangi keringat tubuh berlebih di tubuh.

1. Gunakan deodoran

Pilih deodoran yang berlabel antiperspirant. Karena deodoran tanpa antiperspirant hanya akan menutup bau yang dihasilkan keringat namun tidak mengurangi jumlah keringatnya. Cari yang mengandung formula clinical stenght karena akan lebih efektif mengurangi produksi keringat. Jika kaki anda yang sering berkeringat, gunakan antiperspirant berbentuk spray dan semprotkan di bagian kaki dan sele-sela jari.

2. Gunakan pakaian yang ketat

Gunakan baju yang dapat menyerap keringat dengan baik, seperti busana dari bahan katun. Anda juga bisa memilih baju yang longgar dan terbuat dari linen. Selain itu anda juga bisa menggunakan baju dalam untuk menyerap keringat seperti kamsiol. Memilih warna yang tepat juga penting. Bila anda mengenakan baju berwarna putih, bekas keringat akan lebih terlihat. Sebaiknya pilih baju berwarna gelap atau bermotif. Jika cuaca sedang panas dan anda berencana untuk berkegiatan di luar ruangan, jangan lupa untuk siapkan baju ganti. Ganti baju saat badan terasa mulai basah. jangan lupa untuk mengelap keringat sebelumnya.

3. Pilih sepatu yang tepat

untuk kaki yang berkeringat, pilih sepatu yang memungkinkan kaki untuk bernafas. Sepatu yang berbahan kulit asli atau bahan natural lainnya bisa mengurangi pembentukan keringat pada kaki. Bila memungkinkan, sebisa mungkin gunakan sandal agar kaki anda dapat bernafas.

4. Mengubah lifestayle

Perpaduan makanan pedas dan bawang tidak dianjurkan. Makanan yang mengandung cabai akan membuat keringat anda semakin banyak, sedangkan bawang-bawangan akan membuat keringat anda berbau tidak sedap.

Berat badan juga dapat mempengaruhi produksi keringat. Bila anda merasa berat badan anda berlebih lebih baik turunkan berat badan karena semakin berat maka akan semakin mudah anda berkeringat. Yang terpenting selalu jaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi dua kali sehari dan sering mengganti baju. Saat mandi, anda juga bisa menambahkan aromaterapi yang dapat membuat anda lebih harum.

5. Minta bantuan medis

Bila keringat anda sudah berlebih dan tidak terkontrol, sebaiknya anda berkunjung ke dokter untuk meminta bantuan. Dokter akan mengambil sampel darah untuk melihat apakah ada kelainan di tubuh anda.

21 komentar

nice tips mbak :)
btw, biasa kan kalau pas lagi olahraga atau pas makan aku sering lihat temen2 pada keringetan gitu, tapi aku koq nggak yaa? aku keringetannya kalau kegiatan itu sudah selesai dilakukan. kira2 itu normal nggak yaa?

nah aku juga mengalami kejadiannya, risih memang berjabatan atau berpelukan dengan orang yang keringatnya berlebih apalagi bau.. ok trims ya segera saya anjurkan tipsnya

untungnya keringat saya masih standar nasional kadarnya hehehe

wah cocok banget buat saya nih, kebetulan hobi bidang olahraga, pastinya keringat berlebihan dah menjadi hal biasa dan sering terjadi mbak, trims infonya ya

mempunyai keringat yg berlebih emang nggak enak banget yambak,terutama bila ditempat umum.
jadi kudu melakukan tips2 diatas

baru tahu baju ketat bisa ngurangin keringet

kalau untuk baju saya lebih suka yang katun tu mas, kalau panas ndak terlalu terasa :D

Suka makan pedas dan panas sering membuat keringat saya keluar berlebihan, mbak...

Eh pakaian ketat bukan nya malah nambah cepet berkeringet yaaa???
Gw orang nya cepet banget berkeringat, dan kalo kena wajah bakal gatel banget

Iya mbak, kaki saya sering banget berkeringat. Gak tau kenapa.
Biasanya saya langsung cuci kaki kalo udah gitu.

Waah saya baru tau mbak kalo ada spray untuk kaki yg mudah berkeringat. hehee

Kalau keteknya bau suruh pake deodoran gitu mba :D

Ngga sekalian standar motor mba :D hihihi

Sama-sama mas purnama, semoga bermanfaat yaa :)

Terutama jadi ngga pede banget deh -__-

Bukan mengurangi tapi lebih menyembunyikan atau menyerap keringat :)

Kain katun itu enak banget kalau di pakai :)

Iya sama tuh penyebabnya x___x

Pakaian ketat gampang menyerap keringat dan bisa menyembunyikan keringat :)

Mungkin karena faktor cuaca yang lembab dan dapat menyebabkan keluar keringat :)

oh git

bener juga, ane jadi nggak terlalu keringetan kalau pakek yg ketat palagi yg hitam

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon