Senin, 01 Juni 2015

Faktor Penyebab Kulit Berminyak

Faktor Penyebab Kulit Berminyak
Kulit berminyak seringkali menjadi sumber masalah bagi wanita, mulai dari wajah yang kelihatan cepat mengkilap, kosmetik yang tidak tahan lama, kusam, komedo hingga jerawat. Untuk mencegahnya, anda perlu mengetahui faktor penyebab kulit berminyak dengan baik. Penyebab kulit berminyak adalah kelenjar sebaceous yang bekerja secara berlebihan sehingga menimbulkan komedo dan produksi minyak berlebih. Pastikan bahwa anda selalu membersihkan sisa-sisa tata rias setelah kegiatan selesai dan cuci muka sebelum tidur.

[Baca juga : Menghilangkan Jerawat dari Luar dan Dalam]

Kulit yang terlalu berminyak cenderung mudah berjerawat dan terlihat kusam. Kabar baiknya, anda yang memiliki kulit berminyak umumnya lebih awet muda ketimbang kulit kering karena memiliki elastisitas yang lebih baik.

Mengapa beberapa orang memiliki kulit berminyak, sementara yang lainnya normal dan cenderung kering? Kadar minyak pada kulit dipengaruhi oleh faktor genetik. Kondisi yang disebabkan faktor genetik hampir mustahil untuk di ubah tapi anda bisa meminimalisir faktor-faktor yang bisa meningkatkan produksi minyak.

Sebelum itu, ada baiknya mengetahui dulu hal-hal yang membuat kulit jadi lebih berminyak dari biasanya, sehingga anda bisa mencari cara untuk mengatasinya.

1. Siklus menstruasi

Jerawat jadi bertambah banyak menjelang haid? salahkan hormon wanita anda. Setiap bulannya, tubuh mengalami kenaikan produksi hormon. Kondisi tersebut bisa menstimulasi kelenjar minyak yang menyebabkan pori-pori kulit mudah tersumbat, debu cepat menempel di permukaan kulit dan timbulnya jerawat. Untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan, gunakan pembersih wajah berbentuk foam. Pembersih ini lebih efektif mengangkat kotoran ketimbang milk. Pilih pembersih dengan formula oil-free.

[Baca juga : Ginsomin Atasi Stres]

2. Stess

Saat stres hormon yang dinamakan kortisol akan dipengaruhi untuk membuat anda lebih fokus dan waspada, sehingga masalahh yang menyebabkan stres bisa lebih cepat teratasi. Tapi jika terlalu banyak dilepaskan oleh tubuh, kortisol bisa jadi bencana bagi kesehatan maupun kulit anda. Peningkatan hormon kortisol bisa meningkatkan produksi minyak dari kelenjar minyak anda, sebagai reaksi tubuh terhadap hormon tersebut.

Jjika produksi minyak berlebih karena faktor ini, pertama-tama atasi dulu pikiran anda dari stres. Bisa dengan meditasi atau relaksasi menggunakan aromaterapi. Sebagai langkah instan, anda bisa coba memakai masker berbahan dasar tanah liat yang berfungsi menyerap kelebihan minyak dan menenangkan kulit.

3. Cuaca

Cuaca sebenarnya tidak terlalu banyak berpengaruh terhadap aktivitas kelenjar keringat. Tapi di cuaca yang panas dan lembab, kulit jadi lebih cepat berminyak dan terasa tidak nyaman ketimbang cuaca dingin. Agar kulit tampak matte dan make-up bertahan lama di cuaca panas, gunakan primer atau dasar make-up dengan formula mattyfing yang membantu menyerap minyak dan mengurangi kilap.

[Baca juga : Manfaat Vitamin C Untuk Kulit]

4. Kosmetik

Kosmetik memang tidak menambah produksi minyak kulit, tapi make-up yang terlalu berat bisa menmbuat minyak terperangkap di bawah kulit dan memperparah jerawat, bahkan bisa membuatnya meradang. Hindari memakai kosmetik tebal dalam waktu lama, dan jangan lupa hilangkan riasan dengan tiga tahap (make-up remover, pembersih, penyegar) agar bersih sempurna.

18 komentar

Stress memang nih sumber penyakit. Setiap baca artikel kesehatan, pasti faktor stress selalu muncul sebagai sumber berbagai penyakit.

Untuk itu jauhilah si stress :D

kulit wajahku berminyak..huehuehhue...jadi mdh berjerawat...apalagi kalau stres dan jelang haid...

Iya memang, menjelang haid biasanya jerawat pada bermunculan di wajah :)

baru tau nih neng, ternyata siklus menstruasi juga mempengaruhi, pantesan saya sering berjerawat kalo mau mens

memang iyaaa, ke 4 diatas itu faktor penyebab kulit jadi berminyak :(
terus apa solusinya ?

Wah, benar juga ya mbak...Stres bisa menuebabkan kulit berminyak dari yang biasanya...

pantesan kulit saya tidak berminyak, rupanya karena saya ngga pernah mens sih...gimana, coba?

Oh ternyata stress juga bisa mengakibatkan kulit berminyak, paling sebel kalo sudah berminyak terus kena debu, hadewh, nempel.

Jerawat itu suka muncul di saat-saat tertentu saja ya :(

Karena saat mens adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit.

Tidak hanya pada saat masa mens, saat kehamilan dan pemakaian pil KB juga bisa mempengaruhi juga teh :)

Konsumsi suplemen acnacare aja :)

Maka dari itu kurangi stress :D stres juga bisa menimbulkan jerawat juga hehehe

Kan mang lembu itu cowok sejati mana mungkin bisa mens -__-

Langsung cuci muka terus maskeran biar wajahnya cerah kembali :)

Huhuu . . gue nih yang kulitnya berminyak-able . . padahal juga nggak pernah mens dan nggak make kosmetik lohh . .

Banyak ko faktor yang menyebabkan kulit berminyak itu bukan cuma karna mens atau pake kosmetik.

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon