berita

Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Juni 12, 2015 Wida Zee 24 Comments

Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien. Mengkonsumsi makanan sebelum olahraga bisa membuat hasil latihan jadi lebih maksimal. Namun tidak semua jenis makanan cocok dikonsumsi dan porsinya pun harus tepat. Sumber energi terbesar bagi tubuh berasal dari karbohidrat dan protein. Asupan nutrisi yang cukup sebelum olahraga akan memberi Anda tambahan energi sehingga performa olahraga mencapai titik terbaiknya.

Pada umumnya bahan makanan mengandung beberapa unsur atau senyawa seperti air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, enzim, pigmen dan lain-lain.Dan inilah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga, diantaranya sebagai berikut.

1. Nasi Merah dan Ayam
Jika Anda akan berolahraga di sore atau malam hari, maka nasi merah dan ayam merupakan makanan terbaik. Nasi merah memerlukan waktu lama untuk dicerna tubuh dan merupakan sumber serta dan kabrohidrat yang baik. Sementara ayam (pilih bagian dada yang tidak berlemak) mengandung protein sehat. Kombinasi keduanya baik dimakan sebelum olahraga. Konsumsilah satu mangkuk ukuran sedang nasi merah dengan dua potong dada ayam.

2. Yoghurt
Yoghurt dalam porsi kecil mengandung kalsium dan protein, serta sedikit gula alami. Makanan yang satu ini cukup bersahabat bagi perut dan sistem pencernaan dan merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi sebelum melakukan olahraga yang intens. Sebagai tambahan energi, Anda bisa menambahkan sedikit sereal gandum utuh, buah segar atau madu.

3. Pisang
Pisang mengandung gula alami dan karbohidrat kompleks yang memberi Anda energi instan pada tubuh. Makan satu pisang ukuran sedang 45 menit sampai 1 jam sebelum olahraga cukup untuk cadangkan energi selama berolahraga. Tapi itu kembali lagi kepada kondisi tubuh, karena kebutuhan kalori setiap orang berbeda.

4. Sandwich Isi Selai Kacang
Pilih roti gandum dan selai kacang tanpa tambahan gula maupun bahan lainnya. Setangkup roti gandum dengan selai kacang, ditambah olesan madu sebagai pemanis juga salah satu makan terbaik untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Makanan oni cocok dikonsumsi jika ingin olahraga pagi, karena ringan namun cocok untuk mengisi perut dan energi setelah Anda berpuasa malam harinya.

24 komentar:

  1. Nasi merah yang dari beras merah itu ya mbak? Ternyata nasi dari beras merah mengandung karbohidrat tinggi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan berguna untuk program diet :)

      Hapus
  2. Memang betul, teman saya yang personal trainer biasa mengonsumsi makanan-makanan diatas sebelum berolahraga. Dan nyatanya beras merah lebih banyak mengandung serat alami. Saya paling suka roti gandum pakai mentega pakai selai kacang, hmmm... Nyam... Nyam... Nice info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang betul mas, dan roti gandum juga bagus dan rasanya enak :D

      Hapus
  3. ternyata ga papa ya makan sebelum olahraga,
    sandwich selain rasa kacang gpp ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa-apa mba asalkan makanan yang di makan sebelum olahraga tidak banyak mengandung lemak :D

      Hapus
  4. kayaknya elebih enak mengkonsumsi makanan ringan seperti pisang dengan air. jadi olah raganya enak mbak. setelah itu baru makan bubur nasi merah dan ayam...pasti segar dan muantab tuh mbak....jadi laper nie mbak....makan yuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tergantung orang maunya gimana, tapi menurut info yang saya dapat iya seperti itu mbah hehehe

      Hapus
  5. kalau saya senang mengkonsumsi pisang sebelum olahraga maupun sesudahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi-bagi dong pisangnya jangan di makan sendiri xD

      Hapus
  6. trmakasih tipsnya mb wida... buatku yes, tiada hari tanpa "laban" (yoghurt milk) :)
    lalu siyaaaap... ini dia olah raga ku : nyapu, ngepel, nyuci... yuk !

    wah ada potoku di kotak pengikut ...hihi, sdh saya follow blog nya mb wida.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha itu mah udah pekerjaan tiap hari seorang wanita mbak :D
      Oh iya terima kasih mbak sudah follow :)

      Hapus
  7. jadi ga akan pingsan ya abis olahraga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pingsan kalau yang mempunyai riwayat penyakit mbak hehehe

      Hapus
  8. Dijamin kita bakal sehat kalo menerapkan tips2 diatas yamba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percuma menerapkan kalau tidak di barengi dengan olahraganya :D

      Hapus
  9. Terima kasih Miss Wida atas tipsnya..
    Yoghurt bukan sahaja enak..malahan dapat menambah tenaga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama miss fidah, semoga bermanfaat :)
      Betul mba, yoghurt memang banyak manfaatnya :)

      Hapus
  10. Kalau gua terbiasa memulai dengan pisang sebelum main berolahragahehe

    BalasHapus
  11. disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ya

    BalasHapus
  12. saya biasanya sebelum futsal makan pisang dulu biar konsentrasi

    BalasHapus

Yang komentar pasti Tamvan Dan Cantik :)