Selasa, 23 Juni 2015

Keuntungan Bagi Tubuh Rajin Minum Air Putih

Keuntungan Bagi Tubuh Rajin Minum Air Putih

Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara 1-7 liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air minum, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air. Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8-10 gelas (sekitar dua liter) per hari.

Air putih sudah tak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Tapi apa yang menjadikan minuman yang satu ini begitu penting? Oleh karena itu, ada baiknya bila kita mengetahui keuntungan minum air putih bagi tubuh seperti di bawah ini.

1. Menurunkan Berat Badan
Yang rutin minum 8 gelas air sebelum makan bisa menurunkan berat badan hampir 4kg dalam 12 minggu. Menurut penilitian dari Virginia, Amerika, air memiliki sifat yang mengenyangkan maka Anda tidak perlu makan terlalu banyak.

2. Mengatur Tekanan Darah
Ketika seseorang meminum 16 ons air sebelum mendonorkan darahnya, terdapat penurunan 20% pendonor yang pingsan. Air mineral mengaktifkan saraf parasimpatik sistem tubuh yang membuat Anda lebih waspada dan juga meningkatkan tekanan darah serta energi.

3. Mengurangi Stres
Minum air putih sepanjang hari dapat mengurangi gejala stres seperti sakit kepala, otot tegang, pusing, jantung berdebar dan menurunnya energi. Kekurangan cairan atau dehidrasi justru akan meningkatkan kadar kortisol hormon stres. Air tidak akan menghilangkan stres Anda, namun bisa membuat Anda lebih berenergi, membuat nafas jadi lebih lambat dan mengurangi ketergantungan pada jantung.

4. Jarang Terkena Sakit
Air membuat selaput lendir Anda dalam kondisi terbaiknya. Selaput ini merupakan sistem pertahan alami tubuh untuk mencegah kuman seperti flu dan pilek masuk ke dalam tubuh. Ketika selaput tersebut kering, otomatis kuman dan bakteri akan lebih mudah menembus nofasoring, tempat bertemunya saluran hidung dan mulut.

Literatur medis lainnya menyarankan konsumsi satu liter air per hari dengan tambahan bila berolahraga atau pada cuaca yang panas. Minum air putih memang menyehatkan, tetapi kalau berlebihan dapat menyebabkan hiponatremia yaitu ketika natrium dalam darah menjadi terlalu encer.

Sumber wolipop.com

24 komentar

Saya banget nih yang suka kurang minum air..ckck

Nice artikel. Diatas disebutin kalo manusia butuh 1-7 liter air/hari?? Banyak banget...

jika dilakukan rutin pasti banyak banget manfaat mengkonsumsi air putih ini :)

harus rajin minum air putih nih biar badan tetap sehat dan mudah didapatkan lagi

wah minum air putih bisa nurunin berat badan, perlu di terapkan nih hehe

baru tahu saya kalau air putih bisa menurunkan berat badan, makasih mba :)

Setara dengan 8 gelas per hari :)

Iya dong, yukk perbanyak minum air putih :)

Dan sekarang sudah tahu, sama-sama :)

Di bulan Ramadhan ini..menjadi satu cabaran juga untuk minum air putih yang banyak.

Dan tetap saja di anjurkan untuk 8 gelas per hari miss :)

Mungkin karena rajin minum air putih membuat kita jarang sakit, ya mbak?

keliatannya sepele, tapi khasiatnya luar biasa ya mbak :)

air putih memang minuman yg paling menyehatkan yambak karena banyak banget manfaatnya

Iya, intinya kita harus menjaga kesehatan gitu mas :)

Khasiat yang tak terduga

Alhamdulillah, sejak kecil sudah terbiasa minum air putih. Malah minum airnya kaya galon, satu hari bisa lebih dua liter.

Orang lain nggak bakalan kebagian minum dong :))

beneran itu bisa nurunin berat badan...

eh saya suka sih minum air putih
tapi air es

Kalau air es nggak nurunin berat badan yang ada malah naikin berat badan.

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon