tips

Mari Bakar Kalori Sembari Duduk!

Juni 18, 2015 Wida Zee 17 Comments

Mari Bakar Kaori Semabri Duduk!

Kalori adalah sebuah satuan untuk menghitung jumlah energi. Setiap makanan yang kita makan, mengandung sejumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan suatu aktivitas. Kalori bisa diibaratkan sebagai bahan bakar dari suatu mesin untuk bergerak atau menjalankan tugasnya. Kalori yang terkandung dalam makanan di sediakan oleh karbohidrat, protein dan lemak. Diantara ketiganya, lemak mengandung kalori terbesar. Tiap gram lemak mengandung 9 kalori, sedangkan tiap gram protein dan karbohidrat masing-masing mengandung 4 kalori.

Duduk terlalu lama dan sering bisa membahayakan kesehatan. Studi pun sudah menunjukkan bahwa terlalu banyak duduk bisa berisiko terkena diabetes, kanker, meningkatkan, peradangan sendi dan insulin serta metabolisme tubuh melambat (yang bisa berakibat kegemukan).

Sayangnya meskipun mengetahui bahayanya, banyak orang yang tidak bisa lepas dari kebiasaan duduk terlalu lama. Tuntutan pekerjaan menjadi salah satu alasan terbesar. Bagi mereka yang bekerja sebagai akuntan, staf HRD, editor majalah atau operator, meninggalkan meja terlalu sering memang hal yang mustahil. Tapi mungkin hanya sedikit yang tahu, bahwa kita bisa meningkatkan metabolisme dan membakar kalori saat duduk.

1. Jaga Kadar Cairan dalam Tubuh
Hidrasi yang cukup akan membantu fungsi tubuh bekerja lebih optimal. Disarankan untuk meminum air hangat. Tubuh bisa membakar lebih banyak kalori dengan air hangat. Minum air hangat seharian akan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30%. Selain air putih potassium juga bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Konsumsilah makanan tinggi potassium seperti alpukat, pisang atau minum air kelapa murni. Dengan hidrasi yang cukup, Anda akan lebih jarang merasakan lapar sehingga keinginan untuk ngemil tertahan.

2. Atur AC / Kipas Angin dengan Temperatur Rendah
Saat berada di tempat yang dingin, tubuh akan membakar lebih banyak kalori untuk menjaganya tetap hangat. Brown fat salah satu jaringan tubuh yang terstimulasi ketika orang merasa kedinginan akan bekerja menghisap lemak dan mengeluarkan dari tubuh sebagai energi.

3. Ngemil Makanan Pedas
Makanan pedas (sambal atau cabai rawit), protein (ayam dan keju) dan makanan berserat tinggi (brokoli, wortel, asparagus). Tubuh kita harus bekerja lebih keras untuk bisa mencerna protein dan serat. Jadi dengan memakan makanan tersebut, kalori pun terbakar lebih banyak. Sementara makanan pedas, membuat metabolisme naik karena tubuh jadi berkeringat dan napas terengah-engah.

4. Tertawa
'Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang' masih ingat dengan quote itu? Tentunya masih ingat dong kalau masih suka menonton acara komedi Warkop DKI (Dono, Kasino, dan Indro). Yups, tertawalah karena dengan Anda tertawa akan membakar kalori hingga 40 kalori. Tertawa yang tidak dipaksakan meningkatkan detak jantung 10 hingga 20%, sehingga menyebabkan metabolisme tubuh meningkatkan dan akhirnya kalori berlebih terbuang ketika Anda selesai tertawa. Cara agar tertawa? Ingatlah momen-momen lucu dan menggelikan yang pernah dilakukan teman atau keluarga Anda. Atau bisa juga dengan menonton video-video lucu di YouTube.

17 komentar:

  1. nah tertawa aja yang gampang namun menyehatkan ya teh.. kalau ngemil nanti aja jika malam hari hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ngemil di malam hari malah nambah lemak lhoooo :D

      Hapus
  2. Akan di coba tipsnya..
    Petang ini harus masak sambal nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi jangan banyak-banyak nanti malah sakit perut miss :D

      Hapus
  3. Hahahahaha *langsung cek kadar kalori*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa tuh kadar kalorinya :D hihihi

      Hapus
  4. wah enak dong bakar sambil duduk dang gak perlu olahraga hha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalau kebanyakan duduk gak bagus mba

      Hapus
  5. ngemil paling enak tuh :D + tertawa, 'Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang' ya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau tertawa sudah dilarang mah semua orang bakalan sedih terus hehe

      Hapus
  6. kayaknya minum air mineral yang teratur dan standar memenuhi kondisi tubuh akan menambah stamina tubuh ya mbak

    BalasHapus
  7. berarti selama ini saya udah bakar kalori ya mbak, soalnya sambil kerja sering ngemil yg pedas2 :D hahaa
    Alhamdullillah, udah tau cara bakar kalori.

    kalo bakar kenangan mantan gimana ya mbak?
    PLAK*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambil korek terus bakar di tong sampah, GAMPANG.

      Hapus
  8. selama ini yang tersedia hanya air putih saja mbak Wida.. ternyata simpel ya caranya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat simple banget mbak sebenernya kalau kita mau melakukannya dan tahu cara-caranya hehe

      Hapus

Yang komentar pasti Tamvan Dan Cantik :)