Rabu, 08 Juli 2015

Tips Olahraga Ketika Bulan Ramadhan

Tips Olahraga Ketika Bulan Ramadhan

Bulan puasa atau bulan ramadhan bukan menjadi alasan dan halangan bagi kita untuk melakukan sesuatu hal yang sudah rutin dilakukan. Melakukan aktivitas pada bulan ramadhan justu akan lebih bermanfaat daripada hanya berdiam saja di rumah lalu tidur, lebih baik olahraga saja. Tapi kan, olahraga di bulan ramadhan akan terasa lelah banget dan rasa haus ingin minum pun akan sangat terasa. Hmm, apabila kita menerapkan olahraga yang baik dan tidak begitu banyak mengurangi energi pasti olahraga di bulan ramadhan lancar-lancar saja.

Namun, bukan berarti olahraga saat berpuasa tidak bisa dilakukan. Justru ada beberapa keuntungan ekstra yang akan didapat dengan berolahraga kala puasa. Salah satunya mengoptimalkan kinerja hormon. Perut yang kosong memicu perubahan hormon di dalam tubuh yang bisa membantu pembentukan otot dan pembakaran lemak lebih cepat. Olahraga ketika puasa juga meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa mencegah penyakit diabetes.

Olaharaga ketika berpuasa juga meningkatkan hormon pertumbuhan yang penting dalam pembentukan jaringan otot, membakar lemak, meningkatkan kepadatan tulang dan harapan hidup lebih lama. Jika diimbangi juga dengan tidur yang cukup, olahraga ketika berpuasa bisa sangat efektif dalam menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan. Dan inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin fitnes atau olahraga saat berpuasa.

1. Kurangi Intensitas
Untuk melakukan olahraga seperti biasanya secara teratur. Hanya saja perlu dikurangi intensitas dan durasinya. Intinya, berolahraga sesuai kemampuan apabila Anda sudah merasakan lemas dan sulit bernapas, segera berhenti.

2. Perhatikan Waktu
Untuk berolahraga seminggu tiga kali bagi Anda yang tubuhnya sehat atau tidak menderita penyakit tertentu. Disarankan untuk berolahraga di malam hari setelah berbuka puasa, namun jika tubuh bermasalah terdapat dua pilihan melakukan latihan beberapa jam sebelum berbuka atau setelah berbuka puasa.

3. Atur Pola Makan
Makanan juga harus dijaga untuk memberikan energi dalam tubuh. Sebaiknya, dari buka hingga sahur Anda mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti nasi merah, roti, oatmeal serta sayuran. Hindari makanan berlemak tinggi agar tidak cepat lapar atau justru membuat tubuh lesu setelah makan.

4. Pentingnya Olahraga saat Puasa
Olahraga ternyata memang penting dilakukan saat berpuasa. Olahraga perlu untuk menjaga kondisi tubuh dan berat badan agar tidak melambung ketika bulan puasa dan setelah lebaran.

Sumber wolipop.com

20 komentar

diluar bulan puasa aja saya masih malas berolahraga mbak :|

biar sedang puasa, hrs tetap bugar yah :)

Di bulan puasa jarang olahraga, biasanya kalau mau main futsal cari hari yg besoknya libur, jadi bisa puas mainnya sampai larut malam...kalau olahraga pas puasa takut dehidrasi...

Emang dasarnya pemalas kali hihihi

Kalau udah biasa main futsal terus pengen main di bulan puasa mainnya malam hari aja mas :D

iya bener mbak, bulan puasa jangan dijadikan alasan untuk bermales-malesan, salah satunya melakukan kegiatan olah raga, yang penting pilih jenis olahraga yang tidak terlalu menguras banyak energi...

Agak sukar juga mencari masa untuk berolah raga di bulan puasa ini... :(

Saya biasa olahraga di bulan ramadhan pada saat di tivi sedang kultum menjelang adzan maghrib... hehehehe :) lari di tempat 30 kali, push up 5 kali, dan loncat-loncat 10 kali... hehehehehehehe :)

saya cuma kadang2 saja Teh Olahraga di Bulan Puasa ini, kadang2 maen bulutangkis kalo lagi ada temannya... tapi klo gak ada temannya buka laptop, online deh olahraga di Blog hehehee

Pilih olahraga yang ringan-ringan saja :)

Kenapa miss? Yukk bareng sama saya olahraganya.. :)

Biar kalau udah lemes banget bisa langsung minum iya mas :D

Olahraga tangan sama mata iya :D

bener tuh mba jangan disamakan dengan kita tidak berpuasa

Malesssss ... ngantuk mulu hawa nya hehehe

Iya dong.. puasa jangan di jadikan alasan untuk bermalas-malasan.

Kalau olahraganya keliling pantai mah nggak bakalan ngantuk yak mas cum? wkwk

tapi jangan juga over kegiatannya hhe

Yang ringan-ringan saja :)

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon