Faktor Ketika Olahraga Lari Perut Terasa Sakit

Agustus 28, 2015 Wida Zee 23 Comments

Faktor Ketika Olahraga Lari Perut Terasa Sakit

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien. Olahraga murah tanpa mengeluarkan biaya yang banyak dan melakukannya juga mudah adalah berlari. Meski mudah dilakukan dan tanpa biaya, ternyata berlari sering membuat badan tidak nyaman. Salah satunya perut terasa sakit saat sedang berlari.

Dan inilah faktor ketika olahraga lari perut terasa sakit, diantaranya sebagai berikut.

1. Belum Pemanasan Sebelum Olahraga
Perut terasa sakit ketika berlari di pengaruhi oleh sistem olahraga yang salah, misalnya Anda berlari langsung tanpa adanya pemanasan terlebih dahulu. Maka dengan begitu, perut Anda terasa sakit. Jika Anda sebelumnya tidak melakukan pemanasan dan ternyata perut terasa sakit dan hal tersebut Anda hilangkan dan Anda mencoba untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga di mulai.

2. Kurangnya Cairan dalam Tubuh
Sudah pasti sering terjadi pada setiap orang yang melakukan olahraga. Karena saat berolahraga atau khususnya lari, keringat yang keluar itu cukup banyak dan saat itu cairan tubuh Anda pun kekurangan dan untuk menghindarinya banyak-banyaklah minum air putih.

3. Makan dan Minum
Jika sebelum melakukan olahraga Anda ternyata baru saja makan dan minum, maka itu adalah penyebab perut Anda terasa sakit. Karena saat berlari makanan dan minuman yang Anda konsumsi lambung sedang memproses makanan tersebut dan muncul rasa sakit pada perut Anda. Jika baru selesai makan sebaiknya jangan langsung melakukan olahraga terlebih dahulu.

4. Terjadinya Kram Perut
Kondisi kram perut terjadi jika tubuh kurang pemanasan atau berlari saat perut sedang dalam keadaan kenyang kondisi ini harus dihindari, lakukan pemanasan yang cukup dan tidak mengkonsumsi banyak makanan berat saat ingin berlari.

Cara termudah untuk meredakan sakit perut ketika olahraga adalah dengan menghentikan aktivitas fisik yang Anda lakukan dan memijat daerah perut yang sakit dengan lembut dan pelan serta atur pola pernafasan Anda. Jika Anda mengalami sakit perut atau kram perut secara berturut-turut sebaiknya Anda harus konsultasikan pada dokter, sebab bilamana kondisi ini di hiraukan akan berakibat fatal dan berujung pada gejala penyakit tertentu. Dikutip dari detiksehat.com

23 komentar:

  1. Pantasan kalau saya lari pagi sering menyebabkan perut terasa sakit karena tidak melakukan pemanasan. Saya mengira, langsung lari mulai dari lari pelan2, itu sebagai pemanasan, mbak.. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya juga saya seperti itu, tapi setelah melakukan pemasanan terlebih dahulu nggak terasa sakit meskipun lari 1 putaran stadion :D

      Hapus
  2. jadi itu penyebabnya,,,ketika lari perut suka kram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. gimana mas aab suka ngerasa gitu juga nggak?

      Hapus
  3. sebelum melakukan olahraga baik olahraga lari atau olahraga lainnya, pemanasan sebelum olahraga sebaiknya dilakukan biar organ-organ dalam tubuh gak kaget pada saat berolahraga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah memang seharusnya begitu tapi kebanyakan orang awam yang melakukan olahraga suka langsung aja.

      Hapus
  4. Wahh, olah raga bersepeda saya sering merasakannya,,, mungkin faktornya sama seperti yang disebutkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata banyak juga orang-orang yang suka sakit ketika berolahraga x__x

      Hapus
    2. mungkin mba,,,, tapi lebih sakit kalo jarang olahraga

      Hapus
  5. Olahraga kurang cairan minum, malah jadi makin sakit

    BalasHapus
  6. Kehilangan cairan minum pocari suer :D

    BalasHapus
  7. Pernah juga terjadi, rupanya kerana sebab-sebab di atas.
    Akan coba dielakkan.

    BalasHapus
  8. Nah iya, suka gini nih, baru berapa menit lari udah sakit duluan gara2 lupa pemanasan. Hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti lagi jangan lupa pemanasan yah..

      Hapus
  9. wah pantesan saya sering sakit perut mba. Kram gitu. Ujung-ujungnya jd males mau lanjutin olahraga. Haha
    memang sih saya jarang pemanasan mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan panggil mba dong kan kita seumuran x__x

      Ada baiknya untuk menghindari rasa nyeri di perut lakukan pemanasan terlebih dahulu

      Hapus
  10. artikelnya sangat membantu sekali terimakasih atas informasinya.Untuk para pecinta lari bisa kunjungi sukaoutdoor.com lho banyak perlengkapan untuk lari juga lho thanks

    BalasHapus
  11. sebenarnya bukan cuman lari mbak, saya habis makan tapi cuman jalan perut juga ikut sakit wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau habis makan banyak atau sedikit coba duduk-duduk manja dulu jangan langsung jalan, nanti efekmya bakalan gitu sakitttt huhu

      Hapus

Yang komentar pasti Tamvan Dan Cantik :)