Sabtu, 09 Januari 2016

5 Faktor Berat Badan Mudah Naik Turun

credit google

Mengontrol berat badan adalah cara untuk mempertahankan dan menjaga berat badan agar sesuai atau ideal, bisa juga sesuai dengan apa yang diinginkan. Dikutip dari id.wikipedia.org

Orang yang gemuk cenderung merasa bahagia dengan keadannya tapi dalam segi medis kegemukan justru membawa dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Umumnya banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk, salah satu penyebabnya adalah mereka makan secara berlebih dalam artian melebihi kebutuhan mereka sehari-hari.

Dan inilah 5 (lima) faktor yang membuat berat badan mudah naik turun, diantaranya seperti dibawah ini.
1. Pilihan Makanan
Makan berat atau terlalu banyak minum alkohol di malam hari akan menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh. Sehingga ketika bagun keesokan paginya, berat badan anda bisa bertambah hingga 2 kg.

2. Asupan Makanan dan Minuman
Jika anda menimbang segera atau satu jam setelah makan, sudah tentu alat timbangan akan menunjukan perubahan berat badan. Setelah makan, berat badan anda akan bertambah sekitar 500 gram hingga 1 kg. Sementara segelas air putih yang diminum sesaat sebelum naik timbangan bisa menipu berat badan anda sebenarnya, menambah 250-500 gram.

3. Aktivitas Fisik
Jika anda melakukan latihan kardio dan kekuatan secara rutin, kemungkinan besar tubuh akan mengubah lemak mejadi otot. Seperti diketahui, otot lebih padat daripada lemak sehingga berat badan bisa saja bertambah beberapa gram atau kilogram ketika anda menimbangnya.

4. Komposisi Tubuh
Berat badan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dalam tubuh manusia terdapat lemak, tulang, otot dan air. Faktor-faktor itulah yang sangat berpengaruh terhadap bobot anda. Dalam sehari, berat badan anda bisa saja turun sebanyak 1-2 kg namun esok harinya bisa kembali bertambah.

5. Waktu
Berat badan anda paling ringan saat di pagi hari ketika anda bangun tidur, terutama setelah anda buang air besar. Sementara di malam hari, berat badan bisa bertambah hingga 1 kg.

Cara yang efektif untuk menimbang berat badan yaitu dua minggu atau sebulan sekali. Cara ini akan lebih efektif untuk mengontrol perubahan berat badan atau mempertahankan berat badan yang menurut anda sudah cukup ideal. Selain itu anda juga perlu menambahkan indikator lain dengan mengukur lebar lingkar pinggang dan perhitngan indeks massa tubuh.

Sumber dari wolipop.com

36 komentar

sy nimbang berat badan hampir sehari sekali...biasanya kalau habis makan sy timbang...eh, naik sekilo...tambha ndud :D

Terima kasih tips nya.
Kalau makan banyak..jadinya takut untuk timbang berat badan :)

Benar juga ya.,
walapun sudah melakukan latihan tiap pagi (olahraga) berat badan masih tetap terlihat sama.
Ternyata makanan juga berpengaruh juga..
~ nice post.. :)

Saya kepingin gemuk dan saya sring banget makan pada malam hari, tapi kok tetap aja ya mbak, berat badan saya normal.

Jadi begitu ya.. oh iya, ada obat atau tips buat ngilangin buncit nggak ya?

Gendut asal sehat toh mas :)

Terima kasih kembali semoga membantu ya :)

Yup, makanan yang teratur akan membuat berat badan menjadi ideal :)

Banyak makan tapi gak gemuk gemuk itu, ngeselin hehe.

Pas bgt ni, aku lg niat fiet thn ini,, timbangan dah mencapsi 48 kilo, huks

Kalau gak salah ingat emang idealnya nimbang BB tuh saat bangun pagi dan belum melakukan aktivitas apa-apa..

Coba mas...lakukan SIT UP, rutin...insyaALLAH bisa menghilangkan buncit

gua tipe yang berat badan susah naik dan susah turun. jadi sedih.

Wow malam haro bisa nambah sekilo! Batu tau. Makasih infonya

cocok nih panduan buat saya. thanks ya mbak. tinggal dipraktekkan

Aktivitas fisik tuh yang kadang kurang disiplin. Niatnya sambil kerja ada exercisenya. Eh, kenyataannya duduk melulu, hehehe :)

Dulu sblm nikah aku susah banget naikin berat badan, tp skr setelah nikah malah susah buat turunin berat badan 😭😭

Karena berat badan bisa naik dari jenis makanan apa yang dimakan, bukan kapan waktu kita memakannya.

Betul itu, sit up rutin mas. Jangan lupa perbanyak minum air putih ^^

Coba perhatikan kualitas makanannya, bukan kuantitas.

Kalau tinggi sekitar 150 cm lebih berat badan segitu wajar kok ^^

itu lebih baik, daripada naik dratis atau turun drastis malah jadi serem ^^

Rata-rata blogger kebanyakan duduk mbak soalnya udah keenakan =D

spaya berat badan stabil bagaimna ya mba ,soal nya saya ga bisa gemuk, padahal sdh rajin makan

hiyah juga ya....pantesan berat badan saya seminggu naik, seminggu turun

yang jelas saya bermasalah dengan asupan makanan dan jam makan gak teratur. kadang tengah malam buta main hajar aja makanan yang banyak lemak hen...

iya mbak...masa ngeblog sambil berdiri... kan repot mbak...heee

mungkin kandungan gizi kurang tuh... masak iya cacingan...

sya gak naik2 nih, malah trun trus dr thn ke tahun. gmn donk caranya...??

Iya juga sih ya, Mbak.
Makanan yang berkualitas itu lantas harus yang seperti apa ya?

Yang mengandung serat, karbohidrat dll

Coba sekarang olahraga dengan rutin kang :)

Mulai menjaga asupana makan ya mbah hehe

Olahraga yang teratur dan menjaga pola makan sehat ya.

Semoga membantu

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon