Rabu, 17 Februari 2016

5 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Orang Sakit

5 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Orang Sakit
Menurut wikipedia sakit adalah persepsi seseorang bila merasa kesehatannya terganggu. Penyakit adalah proses fisik dan patofisiologis yang sedang berlangsung dan dapat menyebabkan keadaan tubuh atau pikiran menjadi abnormal. Sakit juga sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani, dan sosial.

Dan ini beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi orang sakit sehingga membantu mempercepat penyembuhan dikala sakit dan nyaman bagi tubuh saat dikonsumsi.

1. Bubur
Bubur adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar beras dengan air yang banyak, sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Makanan ini lebih enak disajikan dalam suhu panas atau hangat dan bisa bikin kondisi tubuh yang kurang sehat jadi membaik.

2. Buah-buahan
Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan. Jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi orang sakit, seperti jeruk, apel, pir, anggur, pisang dan lain sebagainya.

3. Sup Ayam atau Sup Sayur Mayur
Sup ayam maupun sup sayuran dipercaya dapat menyembuhkan sakit pilek ataupun demam. Ayam mengandung asam amino yang disebut cysteine yang membantu mencairkan lendir di paru-paru sehingga lebih mudah dikeluarkan. Jenis makanan ini juga membantu ke saluran pernapasan lebih lega, mencegah dehidrasi dan mengatasi peradangan di tenggorokan.

4. Air Teh Hangat
Air teh yang hangat bisa menyembuhkan tenggorokan yang sakit dan memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu. Minumlah air teh hangat yang baru diseduh karena masih mengandung banyak antioksidan untuk melawan infeksi sekaligus menguatkan daya tahan tubuh dan melegakan hidung mampet. Jika anda tidak terlalu suka teh, bisa diganti dengan air hangat dan tambahkan perasan jeruk lemon.

5. Kue atau Roti
Saat terkena masalah pencernaa, baik itu maag, mual atau diare, konsumsilah makanan ringan yang sehat. Makanan berkarbohidrat bisa mengurangi rasa mual dan membantu menstabilkan pencernaan. Biasanya akan sangat membantu setelah muntah karena terasa nyaman di perut.

Demikian 5 jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi orang sakit yang dapat admin sampaikan. Apabila anda ingin menambahkan apa saja jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi orang sakit boleh memberikan di kolom komentar dibawah karena 1 tambahan saran sangat berarti bagi kami.

sumber wolipop.com

25 komentar

Orang yang sehat aja gak boleh makan sembarangan yah mbak, apalagi orang yang lagi sakit... penting untuk diperhatikan ini terlebih bagi yang lagi sakit harus betul-betul memperhatikan jenis makanannya

jadi...jika ada keluarga yang sedang dan baru sembuh dari sakit, makanan 5 di atas itulah yang harus di konsumsi...okeh

pagi-pagi udah ngblog....ngajar ...ngajar...mang

@Marnes Kliker : Mau orang sakit dan orang sehat sangat perlu memperhatikan asupan makanan biar tetap sehat dan orang sakit biar cepet sembuh.

Bener banget ya mba, saya juga sering banget makan kelima jenis makanan itu. Apalagi bubur, sewaktu kena gejala tipus, dan paling seger itu buah & teh anget. Tapi kalo sakit ati, makanan yang cocok apa ya....Hahaha, becanda mba Wida

Kalau kena sakit tipus badan ko terasa lemes banget ya mas hihi

Terima kasih tipsnya Zee. Bila ada ahli keluarga yang sakit, boleh juga dimasak makanan-makanan ini

Terima kasih kembali sudah berkunjung dan semoga artikel ini membantu miss fidah ya :)

hmmm... saya pikir juga baik bagi yang masih sehat. betul tah mas???

kalo gak sakit dan gak sehat gimana tuh mbak

bubur itu identik banget buat orang sakit yah.... :)))) Bubur kl lagi rawat inap itu yg plg sedih banget... Rasanya....hambarrrrrr... apalagi kl mengidap penyakit gula dan asam urat seperti yg dialami ibu saya. Bener2 tidak ada rasanya sama sekali

Mau bagaimana lagi untuk proses penyembuhan mau tidak mau makanan yang setiap hari dimakan rasanya enak-enak pas sakit semuanya berubah jadi tidak enak.

duh, ini artikel pas banget... saya lagi sakit 4 hari belakangan ini. dan cuma ngonsumsi obat sama buah, bubur belum. serius, sekarang bener2 lagi musim sakit -___-

Iya jev lagi musim sakit nih jadi harus pintar menjaga kesehatan.

di enakin aja, namanya mau sembuh

buah-buahan utnuk orang sehat pun dianjurkan ya mbak :D

Bagi siapa saja yang sakit maupun yang sehat.

Makanan yang sehat dan bersumber dari hal yang baik, akan menghasilkan dampak positif bagi kesehatan kita ya mas.

Yup betul mas. tapi btw aku wida mas bukan mas hendri :)

kalau minum susu gemana zee?
apa ndak boleh? atau kurang "pas" buat orang sakit???

Boleh, tapi pengalaman sakit saya malah belum pernah minum susu takut eneg hehe.

Walau kita lagi nggak sakit sebenarnya tetap harus menjaga pola hidup sehat, biar nggak gampang sakit. Karena penyebab utama penyakit itu memang dari makanan, apalagi junkfood. Baiknya dikurangi, kalo bisa ditinggalkan malah.

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon