Senin, 08 Februari 2016

Atasi Stress dengan Latihan Yoga

Atasi Stress dengan Latihan Yoga
Yoga adalah sebuah filosofi tentang kehidupan yang dicapai melalui latihan olah tubuh, napas dan meditasi berdasarkan 8 tangga kehidupan seperti Yama (ajaran tentang moral), Niyama (disiplin), Asana (postur), Pranayama (pengontrolan napas dengan teratur), Pratyahara (pelajaran tentang rasa), Dharana (konsentrasi), Dhyana (meditasi) dan Samadhi (pencapaian kesadaran tertinggi dari meditasi), yang akan membentuk kita sebagai manusia 'baru' yang damai dan bahagia.

Yoga dapat membantu meredakan sakit otot dan tulang dengan merehabilitasi cedera otot dan tulang serta mencegah kembalinya cedera melalui peregangan, penguatan dan keselarasan tubuh. Yoga juga dapat meningkatkan oksigen ke otak dan menyebabkan respon relaksasi yang mengurangi ketegangan otot dan stres.

Baca juga : Manfaat Yoga Bagi Tubuh

Dikutip dari vemale.com yoga adalah olahraga yang baik untuk menghilangkan stres dan ada 3 gerakan yang efektif untuk menghilangkan stres dengan gerakan-gerakan yoga untuk anda lakukan di rumah.

Cobra (Bhujangasana)
Latihan ini sangat baik untuk memperbaiki tulang belakang dan postur tubuh. Ini juga jadi cara peregangan otot agar peredaran darah lancar. Tips, berbaring dengan kedua tangan di lantai. Buka sedikit kedua kaki dan angkat tubuh, tahan dengan kedua tangan. Lakukan hingga 5 kali napas.

Mountain Pose (Tadasana)
Tips, berdiri tegak dengan kedua kaki menutup dan kedua tangan menyatu di depan dada. Pose ini sangat sederhana, namun dibutuhkan pengaturan napas agar tubuh santai dan tenang. Tutup mata dan atur napas perlahan hingga 10 kali napas.

Baca juga : Manfaat Acroyoga bagi Wanita dan Pria

Forward Fold (Uttanasana)
Pose ini cukup mudah, namun bisa saja sulit untuk beberapa orang. Tips, berdiri tegak dan bungkukkan tubuh hingga memeluk kaki. Latihan ini bisa melancarkan aliran darah, stretching otot punggung dan kaki serta melatih fleksibilitas tubuh. Lakukan terus hingga 5 kali napas.

Nah, 3 gerakan yoga sudah saya berikan. Gimana tertarik untuk melakukan yoga agar tingkat stress anda stabil dan normal?

14 komentar

Yoga ini seni olahraga dari India ya mbak ??
ada 8 tangga nya, mirip kitab Mahabarata yang ngisahken ada kasta darma, satria, budha, dll .. hehehe

belum pernah Yoga sih, dan nggak yakin kalo bisa ngejalanin yoga .. :'(

Banyak yang mengatakan kalau olah raga yang satu ini memang bermanfaat sekali bagi relaxasi tubuh dan fikiran, namun saya sendiri belum pernah mencobanya. Siip mbak infonya.

latihan dan olah raga Yoga memang sangat bermanfaat bagi keseimbangan kesehatan kita, dan saya telah membuktikannya

Temen gw ikutan yoga, sekarang badan nya bisa meliuk2 jumpalitan pose2 macam yg banyak berseliweran di intagram hehehe

oke siap laksanakan 3 gerakan yoga, moga dapat mengobati stres saya

Okeh. Baca blog ini sambil praktekin di kamar kos. Hahahaha.

Semoga bisa bermanfaat untuk mas isrofi dan orang terdekatnya :)

Terbukti yoga bermanfaat banget ya, khususnya untuk keseimbangan dan mengatasi stress.

nama latinnya seperti dari bahasa india yah mbak.
Saya belum pernah nyoba olahraga yoga sih tapi kalau latihan pengaturan napas dan diam malah sering banget

Postur badannya jadi lentur ya mas cum :D

Selamat mencoba dan langsung praktekin hihi

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon