Rabu, 03 Februari 2016

Jenis Makanan Akan Merusak Kulit Jika Konsumsi Berlebihan

Jenis Makanan Akan Merusak Kulit Jika Konsumsi Berlebihan
Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan. Tanpa makanan, makhluk hidup akan sulit dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Makanan dapat membantu manusia dalam mendapatkan energi, membantu pertumbuhan badan dan otak. Memakan makanan yang bergizi akan membantu pertumbuhan manusia, baik otak maupun badan. Setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda. Namun, tahukah anda ada beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk kesehatan kulit.

Jenis makanan tersebut adalah jenis makanan yang tidak sehat, maka apabila terlalu banyak di konsumsi maka akan dapat menimbulkan efek tidak baik. Efek tersebut bisa timbulnya jerawat, kerutan, beruntusan dan lain-lain. Untuk menghindari kulit menjadi rusak ada baiknya kita mengurangi asupan makanan seperti dibawah ini.

1. Lemak Protein
Protein memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga dan membantu tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral lain. Tentu jumlah protein yang sesuai dengan tubuh akan menjadi penopang untuk kesehatan tubuh. Tetapi terlalu banyak mengkonsumsi lemak protein seperti keju, pizza dan daging merah dapat mengakibatkan kulit menjadi kusam dan terlihat bengkak. Selain itu dapat membuat lingkarangan hitam pada area mata. Sebagai penggantinya kita dapat mengkonsumsi protein yang baik untuk kulit, seperti ayam, kacang-kacangan dan ikan (salmon ataupun sarden).

2. Produk Susu Hewan Olahan
Susu memang baik untuk pertumbuhan tubuh kita menjaga tulang agar tetap kuat misalnya. Tapi mengkonsumsi secara berlebihan efeknya malah menjadi tidak baik. Olahan susu hewan dengan rasa yang manis dan asin apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan kelenjar minyak yang berlebih sehingga akan munculnya jerawat pada kulit anda. Boleh saja mengkonsumsi susu olahan berasal dari hewan hanya saja kita perlu mengurangi sedikit mengkonsumsinya. Atau paling tidak bisa menggantikan dengan susu yang terbuat dari kacang-kacangan, seperti susu kedelai, mete, almond dan lain-lain.

3. Permen Karet, Kue dan Minuman Soda
Jenis makanan yang ketiga ini juga sama efeknya akan tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan. Pada kandungan permen karet, kue dan minuman soda terdapat karbohidrat dan gula yang manis pada kue. Apabila dikonsumsi secara berlebih akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada kolagen dan elastin, serat yang berfungsi menjaga kekenyalan dan kekencangan pada kulit.

Pada gula juga terdapat menempelnya protein dan akan menyebabkan timbulnya zat buruk. Efek tersebut juga akan menimbulkan kulit menjadi jerawatan, bruntusan dan kulit menjadi kendur. Jadi konsumsilah sewajarnya saja apabila kulit anda ingin tetap sehat dan baik-baik saja.

4. Kadar Garam Yang Tinggi
Garam tinggi yang ada pada makanan ringan dapat menahan air yang masuk ke dalam kulit membuat kulit kita terlihat bengkak dan kembung. Selain itu, terlalu banyak konsumsi garam juga bisa berakibat pada kulit menjadi kusam dan kering. Ada baiknya kita mengurangi kadar garam pada setiap makanan dan perbanyak konsumsi kacang-kacangan untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca juga: Ngopi Setiap Hari Apakah Sehat?

5. Berlebihan Konsumsi Kafein
Kadar normal kafein yaitu 200 - 300 mg dan dosis ini berbeda-beda pada setiap orang. Apabila anda mengkonsumsi kopi dalam kadar kafein diatas normal akan mengakibatkan keracunan, gelisah, tidak bersemangat, detak jantung menjadi lebih cepat, gangguan tidur dan kecanduan.

Selain itu kafein juga dapat menimbulkan hormon stress yang bernama korsitol. Efeknya juga akan menimbulkan pada kulit menjadi berjerawat maupun beruntusan. Apabila kondisi kulit anda ingin baik-baik saja usahakan untuk mengurangi konsumsi kopi secara berlebihan.

Semua makanan yang di konsumsi secara berlebihan efeknya pasti tidak akan baik untuk tubuh kita. Ada baiknya konsumsilah setiap makanan maupun minuman dengan batas normal saja agar tubuh kita pun tetap terkontrol kesehatannya.

Sumber wolipop.com dan id.wikipedia.org

21 komentar

betul banget mbak, setiap yang berlebihan itu ga baik ya, meskipun itu salah satu makanan sehat ya :)

baru tau garam juga pengaruh ya sama kulit.

Walah termasuk keju juga merusak kulit ya, kayaknya harus banyakin makan syuran dan buah hehehe

kalo lebih sini saya yampung, sayang kalo dibuang mah

Ada baiknya konsumsi dengan porsi normal saja.

Selain berefek buruk pada kulit juga pada hal lainnya.

Nah itu yang di sarankan mas.

Mas intan ternyata baik hati mau menghabiskan makananku yang berlebihan xD

saya suka asin dan kadang banyak mengkonsumsi susu olahan... semoga aja gak merusak kulit. kalau masih muda kudu dijaga kali ya sista, karena kulitnya rentan terhadap suatu zat dan lainnya. ok makasih infonya.

Ada baiknya di jaga dari usia dini agar kondisi kulit tetap terjaga. Semoga bermanfaat :)

poin 5 saya banget mas, pantangan minum kopi asli, kalo dicampur susu gak. tapi bukan karena punya maag bukan kulit

barangkali mengenai kafein rada kerasa nih Mbak pengaruhnya, suka ngopi soalnya, dan rada berlebih hehehehe :)

ternyata permen karet juga bisa bikin kulit rusak, kunjung balik ya :)

Kalau sudah pecandu kopi dalam sehari suka melebihi 1 gelas kopi hihi

Kalau masih dalam konsumsi tahan normal gapapa ko

Aaaaaa akhirnya pertanyaan kenapa jerawatku nongol, jawabannya ada di sini. Huuuhu
Aku penggila susu banget, Mbak Wid. Pagi, siang, malam minum susu. Baru tau kalo kebanyakan minum susu bikin kelenjar minyak jadi berlebih. Trus muncul jerawat. Huhuu

Kalau jerawat nongol bisa di obatin sama acncare mba hihi

mungkin aku kebanyakan makan keju dan pizza jadi lingkaran hitamnya kentara banget :(
Yaudah berarti perbanyak makan sushi gapapa ya teh kan ikan salmon XD

Gpp justru di sarankan neng :)

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon