Kamis, 11 Februari 2016

Sebab Harus Mengurangi Konsumsi Gula

Sebab Harus Mengurangi Konsumsi Kopi
Gula yang rasanya manis sangat di gemari oleh semua kalang muda sampai tua. Tetapi yang manis tidak semua menjadi baik, ada juga rasa manis membuat berefek buruk bagi tubuh kita. Kebanyakan orang tidak menganggap bahayanya gula, oleh sebab itu banyak orang pula yang tiba-tiba terkena penyakit.

Sekarang akan membahas tentang bahaya dan kenapa kita harus mengurangi konsumsi gula. Efek buruknya saya akan bahas dibawah ini.

1. Gula Menyebabkan Adanya Lemak di Perut
Prevalensi obesitas meningkat beberapa tahun terakhir, baik pada dewasa maupun anak-anak. Salah satu penyebabnya yaitu tingginya konsumsi minuman manis. Sebuah studi menemukan, bahwa konsumsi fruktosa (gula) berlebih menyebabkan bertambahnya lemak di perut meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

2. Gula Menyebabkan Ketagihan
Gula juga bersifat aditif sehingga mungkin ada istilah untuk ketagihan gula. Sayangnya, ketagihan gula ini bisa bersifat genetik yang dapat diturunkan, karena melibatkan perubahan pada hormon ghrelin. Ghrelin merupakan hormon yang mengatakan pada otak saat tubuh lapar. Namun, perubahan pada hormon ini akan mengakibatkan tubuh menjadi lapar.

3. Memicu Adanya Penuaan Dini
Ketika gula di aliran darah bereaksi dengan protein, akan terjadi proses glycation. Yaitu terbentuknya molekul baru yang disebut advanced glycation end (AGE). Molekul ini bersifat merugikan dan berdampak buruk bagi jaringan sel sekitarnya. Semakin banyak gula yang dikonsumsi, akan semkain banyak pula AGE yang terbentuk.

Baca juga : Jenis Makanan Akan Merusak Kulit Jika Konsumsi Berlebih

4. Gula Menggangu Sistem Imun Tubuh
Gula yang berlebihan bisa melemahkan daya tahan tubuh sehingga membuat kita mudah terkena pilek, demam atau flu. Sebuah studi menunjukkan, tubuh dengan pH yang rendah (karena tinggi kadar keasamannya, biasanya berasal dari gula) merupakan pemciu tumbuhnya sel-sel kanker.

Ada yang ingin menambahkan apa saja efek buruk bagi tubuh apabila mengkonsumsi gula secara berlebih? Kalian bisa menambahkan di kolom komentar yang ada dibawah iya. Semoga bermanfaat

sumber wolipop.com dan health.kompas.com

15 komentar

aduh ini bener banget! Saya termasuk susah lepas dari gula. Tiap pagi bikin kopi instant itu aja udah ada gula. Pake meses untuk roti, ada gula juga... doyan coklat pulak....

Kalau saya tidak terlalu suka yang manis-manis Mba.

Tanpa disadari juga kita ga bisa jauh dari yang namanya juga. maka dari itu mulai sekarang agar terhindar dari beberapa penyakit diatas mulai mengurangi konsumsi gula berlebih hihi

ya secukupnya aja, kalo dipikir pikir hidup serba takut jadi pusing coba

aku sudah membatasi konsumsi gula mba, tapi....akkkkkk khawatir krn anak-anak suka bgt yg mnais-manis nih *_*

Berarti termasuk orang yang pencinta pedas atau asin ya :D

Bundanya yang mengingatkan jangan terlalu banyak konsumsi gula berlebih :)

konsumsi gula memang jangan berlebihan

neng wida suka gula?
klo jawabnya: iya
#pantesan manis :)

Sudah coba kurangkan gula dengan kurangkan kopi dan minum green tea :)

Terimakasih mjd "alarm" thdp konsumsi gula/

Kalo masakan, saya sudah minim gula, sering bahkan non gula, karena citrarasa masakan d rumah dominan tomat dan lemon.

Kopi saya minum Qahwa kopi Arabi non gula.

Lhaaa ini yg msh blm bisa disingkirkan : coklat, biskuit..yg manisss :)

Suka. Tapi tidak konsumsi secara berlebih

Untuk hidup sehat memang perlu untuk di jalankan :)

Bagu itu mba, coba saja per hari mulai mengurangi ya semoga bisa :)

hallo syahran syah, kalo ga suka sama manis"an berarti sukanya sama asam"an dong.. hehehe :D

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon