Selasa, 20 September 2016

Tips Agar Kulit Awet Muda Layaknya Remaja

Oke selamat datang, salam hangat.

Kali ini saya akan membahas tips agar kulit awet muda layaknya Remaja, tentu ya semua orang pasti ingin terlihat awet muda dan tetap cantik walaupun usia udah mau menginjak 30 tahun bahkan 40 tahun.

Tips Agar Kulit Awet Muda


Ingin kulit awet muda itu susah-susah gampang tergantung niat kita sih, tapi sebelumnya apa anda tahu apa yang membuat kulit kita atau wajah kita terlihat tua?

Yupss...

Banyak sekali faktor yang membuat kulit kita cepat menua.

Mulai dari kurang tidur, kurang minum, stress, merokok dan lainnya pokoknya banyak banget. Bahkan kabarnya mudah marah juga bisa membuat kulit cepat menua.

Berikut tips agar kulit awet muda :


1. Jangan stress

Kunci agar terlihat awet muda itu gampang sekali, hindari stress dan ciptakan mood bahagia. Point ini seperti tidak masuk akal bukan?

Tapi stress ini memang pemicunya, bahkan beberapa penelitian membenarkan bahwa stress sangat buruk untuk kesehatan kulit serta dapat memicu kulit keriput.

Berikut kutipan dari dokter.id

  • Apabila Anda mengalami stress, maka akan terpompa keluar hormon stress yang dapat menyebabkan penuaan dini. Hormon tersebut adalah hormon kortisol yang menyebabkan tubuh memproduksi minyak lebih banyak. Produksi minyak yang berlebihan pada kulit dapat menyebabkan gangguan kulit salah satunya adalah jerawat. 
  • Stress juga menyebabkan suatu reaksi kimia pada tubuh yang membuat kulit menjadi lebih sensitif. Keadaan tersebut mengakibatkan keseimbangan kulit terganggu. Sehingga kulit menjadi lebih rentan dan terjadi penghambatan regenerasi sel.
  • Hormon kortisol juga dapat merusak kolagen, sehingga menyebabkan kulit kendur, keriput dan menyebabkan peradangan. 
  • Selain itu saat Anda merasa stress, sebagian besar nutrisi dan oksigen masuk ke organ penting lain, bukan kulit Anda. Sehingga stress dan kecemasan yang berkepanjangan dapat menyebabkan kerutan di wajah.

2. Berhenti merokok

Saat merokok kita menggunakan otot tertentu disekitar bibir, hal ini menyebabkan keriput dinamis terutama kulit disekitar bibir sehingga lebih cepat terlihat garis halus bahkan kerutan sekitar bibir.

Dikutip blog.lazada.co.id 

“Merokok menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit yang membuat Anda jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Menghalangi kulit mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi,” ujar dermatologist dari Sri Balaji Action Medical Institute, dr. Nipun Jain.

Merokok memang membuat pecandu nya lebih rileks, namun agar kita tetap rileks bukan hanya merokok saja. Mungkin anda bisa cari udara segar keluar atau sekedar jalan-jalan.

3. Istirahat yang cukup

Waktu terbaik kulit beregenerasi adalah malam hari, saat kita beristirahat dan tidur. Kurang tidur dapat membuat kulit kusam dan cepat menua, bahkan beberapa ahli kecantikan menyarankan istirahat yang cukup jika ingin kulit sehat.

Begadang merupakan faktor besar yang membuat kulit wajah anda cepat keriput, mungkin efeknya tidak langsung terlihat namun seiring berjalannya waktu jika sering begadang maka kulit akan lebih cepat menua.

Jadi istirahatlah yang cukup agar kulit tetap terlihat awet muda.

4. Konsumsi kolagen

Kolagen berfungsi sebagai penguat pembuluh darah dan membuat kulit tetap kencang, artinya kolagen ini sangat berpengaruh terhadap elastisitas kulit. Kekurangan kolagen dapat membuat kulit lebih kendor.

Sebenarnya tubuh kita itu mampu memproduksi kolagen, namun saat usia menginjak usia 25 tahun produksi kolagen pada tubuh semakin berkurang. Dan terus berkurang 1,5% disetiap tahunnya.

Hanya ada 2 opsi untuk anda, mengkonsumsi suplemen/minuman kolagen atau cukupi kebutuhan vitamin c.

Vitamin c dapat membantu proses sintetisa kolagen.

5. Merawat kulit wajah

Wajah itu paling sentral, bahkan orang suka mengira-ngira usia berdasarkan wajah. Itulah alasan kenapa banyak orang lebih fokus merawat kulit wajah dibandingkan kulit tubuh lainnya. Merawat kulit wajah itu gampang sekali anda bisa mencuci wajah atau sekedar maskeran dengan rutin.

Untuk maskeran sebaiknya dilakukan 2 kali dalam seminggu jangan terlalu sering, kalau mencuci wajah disarankan 2 kali sehari sebelum dan sesudah beraktivitas menggunakan sabun.

Awas..

Ketika anda mencuci wajah pijatlah lembut dengan gerakan memutar ke atas jangan kebawah, beberapa ahli mengatakan banyak orang salah dalam melakukan gerakan saat mencuci wajah, karena dengan memijat kebawah dapat membuat kulit lebih cepat kendor.

6. Cukupi cairan tubuh

Saya telah membaca sebuah kabar bahwa ada seorang wanita luar minum air putih cukup banyak dalam sehari membuat kulitnya nampak lebih muda, bahkan ada foto before-afternya yang ia unggah. Dia berkata bahwa minum banyak air putih adalah salahsatu cara agar kulit lebih awet muda dan terlihat cantik.

Menurut opini saya pribadi mencukupi air putih itu memang bagus untuk kulit, tapi jangan kebanyakan karena saya sendiri mencoba banyak minum air putih malah ada efek mual.

Dengan mencoba tips-tips diatas secara tepat sebenarnya mampu membuat kulit anda lebih muda bahkan bisa seperti kulit anak remaja, namun ingat semua langkah diatas butuh proses agar hasilnya maksimal.

Semoga bermanfaat!!

Artikel ini menggantikan artikel sebelumnya yang tidak sengaja terhapus oleh saya.

13 komentar

klo ada tipsnya "Berhenti merokok" berarti ini tipsnya buat cwok biar awet muda ya mas :D
trus klo sih cwok beneran nampak awet muda dri usia sbenernya, dia bakal dpt jdoh yg lebih muda dan jauh perbedaan usianya. :D

Ini tips asli kan kang ? Nanti kalau saya coba malah jadi tua wajah saya (yang mirip bernard berd ahi hi hi).

Mungkin harus dibukti secara langsung inimah agar bisa mendapatkan wajah yang awet muda, nah kang untuk yang merawat wajah dengan masker itu bagusnya masker dari bahan apa ya ? (jangan semen).

iyah gapapa mba meskipun umurnya udah aki-aki tapi masih keliatan perfect wkwkwk

cewe juga sebenarnya banyak yang ngerokok mba, cuman masih banyakan cowok hehe

dicoba aja kang, pointnya sudah saya rangkum juga hehe

kalo perlu tulis tuh 6 point nya biar ga lupa, tulis dibuku romadon sekalian wkwkwk

Kalau saya biasanya hanya pakai air hangat untuk muka sebelum tidur..dan minum jus wortel.

poin 2 dan 3 mungkin rada bingung mas, soalnya saya perokok apalagi jika banyak kerjaan sekolah suka begadang.

Sepertinya mendingan konsumsi kolagen yang aman dan hidup secara sehat saja gan... hehe

hehe, iya mencuci wajah memang sebaiknya pakai air hangat kuku tapi tidak boleh terlalu panas karena dapat memicu iritasi dan pembuluh darah juga bisa pecah :)

emang beneran mas icah suka minum jus wortel?

sesekali begadang boleh lah mas, asal jangan keseringan.hehe

iya soalnya asap rokok itu emang buruk buat kulit, pilih aja. tapi saya yakin kalo cowok pilih ngerokok aja

iya betul mas, meskipun begitu ada baiknya point lain juga diperhatikan .masalahnya banyak sekali faktor yang dapat mengakibatkan penuaan kulit :)

Silahkan BERKOMENTAR dan Beri MASUKAN kepada kami agar lebih baik :)
EmoticonEmoticon