5 Langkah Untuk Memulai Pola Hidup Sehat

5 Langkah Untuk Memulai Pola Hidup Sehat

5 Langkah Untuk Memulai Pola Hidup Sehat - Sudah banyak yang tahu apa itu pola hidup sehat dan manfaat yang didapatkan dengan menerapkan pola hidup sehat, namun kesadaran manusia masih sangat minim sekali untuk melakukan pola hidup sehat ini.

Pola hidup sehat adalah sebuah pola hidup yang mampu menunjang kesehatan baik fisik, mental maupun jiwa, pola hidup sehat dilakukan rutin setiap hari sehingga menjadi suatu kebiasaan yang menyehatkan.

5 Langkah Untuk Memulai Pola Hidup Sehat


1. Berolahraga

Pernah gak sih anda berpikir bahwa sejak anda meninggalkan kegiatan berolahraga, anda menjadi lebih mudah stress dan pusing?

Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa jarang berolahraga membuat seseorang mudah marah dan stress, selain itu jika pekerjaan anda banyak menghabiskan waktu didepan komputer juga dapat meningkatkan resiko stress, hal ini karena hormon endorfin tidak lepas. 

Berbeda dengan para pekerja yang aktif dilapangan, mereka memiliki resiko stress lebih kecil, karena saat menggerakkan otot-otot memicu untuk mengeluarkan hormon endorfin sehingga membuat suasana hati lebih bahagia dan tidak membosankan.

Sebaiknya anda memilih satu jenis olahraga yang anda sukai saja, dari sekian banyak jenis olahraga mungkin ada satu yang anda sukai? Main bola, badminton, basket, joging, atau traveling seperti mendaki gunung juga termasuk olahraga kok.

2. Menjaga kebersihan

Kebersihan sebagian dari iman, itulah kata-kata mutiara islami yang sering kita dengar. Ternyata kata-kata tersebut berkaitan erat dengan pola hidup sehat, jika ingin hidup sehat berarti anda harus menjaga kebersihan.

Contohnya adalah menjaga lingkungan tetap bersih termasuk rumah dan tempat kerja, hal itu dapat membuat mood kita semakin meningkat. Dengan hal ini jelas, bahwa menjaga kebersihan merupakan salahsatu pola hidup yang bisa menyehatkan kita.

3. Makan buah dan sayuran setiap hari.

Untuk menunjang kesehatan tentu anda memerlukan nutrisi yang cukup bagi tubuh, salahsatunya adalah dengan makan buah dan sayuran setiap hari. Makan buah dan sayuran rutin setiap hari merupakan salahsatu langkah wajib memulai pola hidup sehat.

Buah dan sayuran kaya akan serat dan vitamin sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari demi mendapatkan tubuh yang sehat, selain menunjang kesehatan tubuh ada beberapa vitamin yang juga baik untuk menjaga kesehatan kulit seperti vitamin E dan vitamin C.

4. Istirahat yang cukup

Salahsatu penyakit turunan dan sudah akut adalah begadang, jika anda ingin mulai melangkah untuk pola hidup sehat maka berusahalah untuk memberhentikan kebiasaan begadang. Begadang sangat tidak baik bagi kesehatan dan tidak ada gunanya.

Beberapa penyakit juga dikaitkan dengan efek keseringan begadang seperti kurang sel darah merah atau anemia, penyumbatan pembuluh darah, menurunnya sistem imun, memicu alzheimer dan juga buruk untuk kesehatan kulit.

Efek begadang baru akan terasa pada jangka panjang, jadi lebih baik hentikan kebiasaan tersebut dari sekarang, karena lebih cepat lebih baik.

Baca juga : 7 Hal yang membuat wajah terlihat awet muda

5. Membatasi waktu kerja

Untuk bertahan hidup dan mencapai keinginan memang memerlukan kerja keras, namun terlalu lama anda bekerja juga memiliki dampak negatif seperti mudah stress. Hal ini sangat tidak baik untuk mental anda, waktu kerja sebaiknya 6-8 jam/hari itupun masih harus meliburkan 1 hari dalam seminggu.

Hal itu dilakukan agar anda tetap memprioritaskan kesehatan anda, karena bekerja terlalu extra juga tidak baik untuk kesehatan, jadi memberi batasan waktu kerja juga harus dilakukan sebagai langkah pola hidup yang sehat.

Pilihlah makanan yang bermutu, pilihlah makanan yang menyehatkan. Masa depan anda ditentukan oleh pilihan ini!!

49 komentar

Kalau begitu saya akan memulai dari sekarang untuk melakukan pola hidup sehat, kalau inget tapi :D

makanya minum gilobanya atuh mang biar inget terus hehhehe

pola hidup sehat harus dilakukan secepatnya mang biar pas tuwa kelak kita tetap sehat

Berhubung kamari nyindir pagawe pabrik, sekarang mah mau fokus lagi main coc ue ah, biar sehat :D

Kalau sekarang mah kita tidak perlu terlalu khawatir dengan asupan vitamin, soalnya ada juga suplemen yang bisa menunjang kebutuhan vitamin harian ya Mas, bisa menjadi alternatif tuh :)

Dengan menerapkan kelima langkah di atas Insya Allah hidup kita jadi lebih sehat yah kang, ini yang kurang saya perhatikan nih selama ini.

Olahraga > Cuman kalau ada temennya
Menjaga kebersihan > tunggu dimarahin Ibu baru bersihin kamar
Makan buah dan sayur > Jarang-jarang
Istirahat > lumayan cukup lah
Waktu kerja > semrawut

Kayaknya yang bagus cuman di poin istirahat aja saya inih. Hadehh

dari ke-5 point diatas yg terjadi pada saya ya kebanyakan begadang nih mas.
kudu segera dirubah

iya tuh, merhatiin mulu ibuke jadi lupa diri sendiri

begadangnya udah akut sih :D

saya skrg udah ga begadang lagi dong

perbaiki sedikit2 aja mas, kalau lngsung semuanya susah

Jujur poin 4 dan 5 itu tak bisa saya lakukan, karena terkadang saat kerjaan numpuk dan di tuntut untuk segera selesai maka membatasi kerja tak mampum lagi sehingga istirahat pun berkurang, om.

Terus piye, coba? Haha

Tapi cuma tidur ketika menjelang subuh :)

Coc? Saya juga punya lho, meski cewek :)

lima poin sehat yang saling berkaitan, tetapi pola hidup sehat bagi tiap tiap orang itu jelas berbeda apa lagi bagi mereka yang kehidupanya dibawah garis, tidak jarang waktu yang seharusnya dipergunakan untuk istirahat justru dibuat untuk kerja,

berusaha menyempatkan waktu untuk istirahat itu poin utama, karna tubuh manusia tidak seperti mesin diesel , mesin aja harus ada jeda istirahatnya apa lagi tubuh manusia....

syarat untuk hidup sehat dan bugar lima poin diatas harus di penuhi dan jangan lupa berdoa kepadaNYA agar senatiasa diberi perlindungan kesehatan dan keselamatan.

Pengen mulai gaya hidup sehat.. tapi berat mang.. saya melek malem.. ngopi.. ngrokok.. :(

kalo mba lisa gabung di clan cungkup saya bakalan aktif maen coc lagi ah.

Fighting fighting

tepatnya lupa bayar kopi ke warung

hahahaha, beneran skrg udah ngga suka begadang lagi mba paling mentok jam 10 malem dah tidur biar semangat pagi wkwkwkwk

boleh aja sih kalo stamina masih kuat mba, tapi kalo kerja malem itu beda. Mata cepet perih dan ngga sehat juga kerja malam

iya, biasanya kerja pabrikan digilir sif malam ya mas. Ngga bisa nolak sih soalnya si bos yang ngatur hehehe

setujuhhh, usaha juga harus dibarengi berdo'a :)

saya juga begitu mang, cuman minggu2 kemarin aja stop begadangnya

sini mbak main ke clan wongcungkup

Yang komentar pasti Tamvan Dan Cantik :)

Poin 5 tuh saya banget' mas hen" tidak bisa membatasi waktu saya bekerja,...maklum wong deso...

Menjaga kesimbangan untuk kebutuhan tubuh memang tidak mudah ya mang, apaagi bagi kita para pekerja malam yang ada di belakang meja. Namun upaya mengusahakan pola 5 langkah untuk memulai kehidupan sehat dalam keluarga sangat diperlukan agar bisa menciptakan keluarga yang sehat dan kuat. Terimakasih atas tipsnya kang.

dari kelima poin tersebut sangat penting dalam menciptaka hidup sehat, menjaga kebersihan yang paling utama D

nah itu dia mang trik, harus memiliki lima poin tersebut maka hidupa akan memberikan efek yang postif bagi kita :D

hahaha, begadang itu mah bagus ga buat kesehatan ?

pasti dong semangat 45 kalau yang itu hahaha

bagus mas, begadang bisa memicu kekurangan sel darah merah hehehe

saya lagi begadang nih soalnya tadi sore beli kopi :D

hehe, asal jangan sampe malem aja mas kerja nya :)

sama lah saya juga dari desa kok kampung hehe

betul pisan mang indra, iya sebaiknya harus sedikit2 dilakukan tipsnya mang, sedikit2 aja kan lama2 jadi bukit tuh hehehe

iya dong, bersih itu sehat hehehe

Kadang drop juga tapi ada kopi sih, buat nambah setamina. :)

olah raga ini selalu ingin memulai, tapi biasanya nggak konsisten, banyak malasnya, padahal penting banget ya sebagai bagian pola hidup sehat :)

Tidur cukup,bangun pagi dan mandi pagi terus olahraga sarapan itu yang coba saya terapkan dan hasilnya saya merasa selalu segar dan bersemangat.

Yang komentar pasti Tamvan Dan Cantik :)
EmoticonEmoticon