berita

4 Nutrisi Penting Jika Ingin Anak Tumbuh Tinggi

April 07, 2017 Hendri Natureve Shop 58 Comments

Nutrisi Penting Jika Ingin Anak Tumbuh Tinggi

Kali ini saya ingin sharing tentang 4 nutrisi penting jika ingin anak anda tumbuh tinggi.

Masa pertumbuhan terbaik adalah sejak dari anak hingga mencapai usia 20-21 tahun, lewat dari usia tersebut sudah susah. Sekalipun ditunjang dengan suplemen peninggi badan tidak semua berhasil, artinya pakai suplemen peninggi badan pun tidak menjamin 100% berhasil.

Apalagi cara konsumsinya ga bener, ketambah nabrak terus pantangan.

Beberapa orang memang merasakan tinggi badannya bertambah, ada yang nambah 5cm, 10cm 15cm itu tergantung penyerapan dan penerimaan tubuh kita. Banyak faktor yang mempengaruhi tentunya, nanti kalau ada waktu mungkin akan saya ulas masalah tersebut.

4 Nutrisi Penting Jika Ingin Anak Tumbuh Tinggi


1. Kalsium

Kalsium merupakan mineral penting untuk tulang, salahsatu manfaatnya yaitu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pada tulang sehingga tulang kuat dan kokoh. Kekurangan kalsium menyebabkan rapuhnya tulang atau sering disebut osteoporosis, satu hal penting yang harus anda tahu. Ketika anda menginjak usia 20 tahun, tubuh akan mengalami pengurangan kalsium sebanyak 1% disetiap tahunnya.

Artinya ketika anda berusia 50 tahun maka kalsium mengalami penyusutan sebanyak 30% begitupun seterusnya, maka dari itu pemenuhan kalsium harian perlu diperhatikan untuk menghindari pengeroposan pada tulang.

Baca juga : Calcium D Suplemen untuk kesehatan tulang

2. Vitamin D

Tanpa vitamin D, kalsium hanya akan terserap 10-15% oleh tubuh. Vitamin D memiliki peranan yang sangat vital karena dengan adanya vitamin D penyerapan kalsium pada usus meningkat menjadi 30%. Kalsium tanpa vitamin D bagai sayur tanpa garam.

Untuk mendapatkan vitamin D anda bisa berjemur pagi hari, atau mengkonsumsi makanan seperti minyak ikan, telur, tahu, tempe dan lainnya. Opsi lain bisa anda dapatkan dari suplemen atau vitamin.

3. Zinc

Zinc merupakan nutrisi penting yang berfungsi untuk merangsang hormon dalam tubuh, salahsatunya adalah hormon pertumbuhan. Kalau kita perhatikan hampir semua produk peninggi badan pasti mengandung zinc, hal ini karena zinc mampu merangsang hormon pertumbuhan sehingga pertumbuhan tubuh kita lebih maksimal.

Selain itu zinc juga dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, bahkan zinc ini sering direkomendasikan untuk mengatasi jerawat. Zinc sering terkandung dalam suplemen jerawat.

4. Protein

Protein memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun orang-orang hanya tahu bahwa protein ini untuk pembentukan otot dan tenaga. Jika kita ingin menggalinya, protein ini sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat yang penting bagi tubuh selain 2 manfaat yang tadi saya sebutkan.

Beberapa manfaat lain dari protein adalah : Untuk memelihara sel-sel tubuh dan menggantikan sel-sel tubuh yang mati, sebagai pendukung metabolisme tubuh, memelihara kesehatan jantung, kulit dan rambut.

Dengan tercukupinya kebutuhan protein maka tubuh akan lebih berisi, sehingga mampu mengimbangi pertumbuhan tinggi pada anak.

Rekomendasi kebutuhan kalsium menurut The Institute of Medicine Amerika Serikat :

  • Bayi (0-6 bulan) - 9,1 gram per hari
  • Bayi (7-12 bulan) - 11 gram per hari
  • Remaja laki-laki (14-18 tahun) - 52 gram per hari
  • Gadis remaja (14-18 tahun) - sampai 46 gram per hari
  • Pria dewasa - sekitar 56 gram per hari
  • Wanita dewasa - sekitar 46 gram per hari
  • Perempuan Hamil atau menyusui - sekitar 71 gram per hari

Nah itulah 4 nutrisi penting untuk menunjang pertumbuhan tinggi anak, semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan ajukan dikolom komentar ya!!

58 komentar:

  1. berarti ke-4 nutrisi diatas kudu diperhatikan sejak dini ya mas

    mantap nih karena disertakan juga takaran yg dibutuhkan berdasarkan usia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus dong mas biar pembaca tau :)

      Hapus
    2. kalau kemudian di edit dan ditambahin takaran nutrisinya, emang mang yanto mau bayar...gituh?

      Hapus
    3. kudu liat udel saya dulu lah

      Hapus
    4. kayaknya udel lagi ngadep barat mas hahahaha

      Hapus
  2. mas admin koq pinter banget sih ngomongin ginian

    BalasHapus
    Balasan
    1. materi gini kan wilayah saya mas hahahaha

      Hapus
  3. daripada bingung, mendingan saya kasih rating aja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti gak ngerti kan? Padahal saya udah jelasin secara halus biar bisa dimengerti semua orang

      Hapus
    2. saya kan bukan termasuk bangsa halus
      wekk

      Hapus
  4. Bener banget tuhh, semua harus ada didalam diri anakk...

    BalasHapus
  5. Yang ini tak simpan dulu, nanti kalau sudah punya anak baru tak terapkan supaya anak tumbuh dengan cerdas (seperti ibunya) selain itu cepat tinggi (seperti bapaknya) hehe.

    Btw tumben saya kesini tombol bintang tinggal sisa 1, apa saya kesiangan ke sininya? Mungkin iya, soalnya semalam mau keliling malah ketiduran. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. skrg tombol bintangnya hilang nih mba, gegara ganti template hehehe

      Hapus
    2. Pantesan, tadi di sebelah tak cari-cari kok nggak ada tombol bintangnya, ternyata oh ternyata ganti baju :)

      Hapus
    3. hehehe, iya nih dah lama sih ga ganti baaju lagi ini tamplaate hehe

      Hapus
  6. pamtesan tubuh saya tinggi mas, ternyata ini toh rahasia dulu yang saya minum, hiks hiks, mantap deh mah ntar kalo dah punya anak saya pesan ma mas hen ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tinggi tuh, beda dikit sama tiang listrik mas :D

      bayar tapi ya

      Hapus
    2. pitnah lebih kejam daripada vitnah

      Hapus
  7. tapi gratis dulu mah ketamu nya nih mana coba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti dong, saya kasih gratis mas, tinggal donlod gambarnya kok :D

      Hapus
  8. Protein, calsium ,vitamin D dan zinc ini merupakan nutrisi yang sangat membantu tubuh dalam pembentukan postur tubuh itu sendiri, 4 poin ini sangat berKaitan dan tak dapat dipisahkan pisahkan dalam pembentukan dan tinggi postur tubuh, apalagi diusia yang masih dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mas, efektif buat usia dini. Kalau seusia mas trik yang dibaca senior bin tuwa mungkin kurang efektif yah :D

      Hapus
    2. sama Mas admin tua mana...?

      Hapus
    3. saya baru punya anak satu lho mas masih jadi papa muda dong hehehe

      Hapus
  9. kalau baca isi tentang 4 Nutrisi agar anak tumbuh tinggi jdi ingat iklan di televisi mas ... tumbuh itu ka atas, bukan ke samping hehehe...
    Ternyata tubuh kita sangat membutuhkan kalsium yg cukup ya mas, apalagi bagi anak2 yg masih dalam masa pertumbuhan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, biar tumbuh tinggi besar kaya golem kan?

      Hapus
  10. kebetulan saya masih 18 thn berarti masih bisa tumbuh tinggi yak... kalau minum kalsium tablet beli di apotik gmina ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja sih mas, yang penting diatur aja dosisnya

      Hapus
  11. wah anak-anak saya udah tinggi-tinggi sih kalau dikasih nutrisi penting yang udah jadi konsumsi wajib anak-anak saya, mau gimana lagi, coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukur kalau begitu mah mang, pemberian 4 nutrisi diatas memang sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

      Hapus
  12. Nah ini dia nih nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak, setidaknya 4 nutrisi ini harus terpenuhi yah kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar tumbuh kembangnya berjalan lancar ya kudu atuh mang

      Hapus
  13. wah bagus juga untuk kemanakan saya yang baru berumur 9 bulan, biar dia tumbuh tinggi

    BalasHapus
  14. Memiliki tumbuh tinggi itu memang keren,,
    Kalau ingin tubuh tinggi yang harus diperhatikan nutrisinya yah,,, gimana anak mau tumbuh tinggi wong tiap hari di kasihnya cuman daun singkong... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, daun singkong juga bagus meureun mang, kan biasanya ada serat juga ;)

      Biasanya ikan-ikanan gitu mang yang banyak proteinnya, sayuran juga ada yang mengandung protein mang

      Hapus
  15. wah bermanfaat banget nih buat anak saya kelak hehe.. soalnya sayaorangnya termasuk pendek. makasih infonya

    BalasHapus
  16. ini pentisng sekali, nutrisi anak yang dibutuhkan saat tumbuh kembang

    BalasHapus
  17. Kalau untuk ukuran saya bisa hanya untuk perawatan kesehatan tulang saja dong mas ? kalau untuk tumbuh tinggi lagi susah kali ya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyalah mas, tapi kalau kalsium sama vitamin d tetep penting biar tulangnya ga keropos. Apalagi kita kan gatau tulng kit masih kokok atau kekurangan klsium, minimal minum susu murni sekali sehari

      Hapus
    2. haha, berarti sama seperti saya dunks kang indra euy :D

      Hapus
    3. kita kan udah pada tuwa ya hahahaha

      Hapus
  18. saya sudah berumur 35 tahun, berarti saya tidak bisa tinggi lagi yah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa mas, makan taraje salahsatunya hehehe

      Hapus
  19. Kudu telaten dong mas ya....artinya menyiasati bagaimana mencukupi kebtuhan tersebut dengan bahan2 makanan yang mudah didapat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas kudu telaten, ini juga termasuk gaya hidup sehat mas, salahsatunya :)

      Hapus
  20. handuk kecil lap anu ku itu nglink kesini tauuu...baca yang lengkap deh...paling bawah...huh udik ah

    BalasHapus
  21. mas admin ikut2 an ganti baju rumah nih

    BalasHapus
  22. Anak adalah buah hati , sebagai ortu harus lebih memperhatikan tumbuh kembang nya ...jika di ketahui pertumbuhan si anak tidak seperti pada umunya atau kurang dari batas seusianya ini perlu cepat cepat ambil tindakan dan perlu penanganan yg serius dengan memberi tambahan asupan gizi serta tambahan calsium dan juga suplemen peninggi badan khusus anak ya mas

    BalasHapus
  23. sepertinya pengeditan tempalenya ada sedikit ganguan ya mas...itu ada sederetan kode di bawah fotter

    BalasHapus
  24. trus tombol bakc to topnya gak fungsi

    BalasHapus
  25. Cocok nih di aplikasikan pada anak2 saya yang kisaran umurnya antara 8 s/d 17 tahun.. mudah2an tumbuh tinggi tidak seperti bapaknya... bantet, hehehe...

    BalasHapus

Yang komentar pasti Tamvan Dan Cantik :)