Kenapa Sering Lupa Padahal Masih Muda?


Kenapa Sering Lupa Padahal Masih Muda? - Apakah anda pernah mengalami : Ketika mau pergi keluar rumah, lupa naruh kunci motor?
Atau pas ditengah perjalanan lupa tidak bawa handphone atau mungkin dompet yang ketinggalan?

Dijaman sekarang memang banyak orang yang masih muda namun sering lupa, hal ini tentu membuat anda was-was dan memusingkan. Apa sih penyebab sering lupa diusia muda? Karena sering lupa diusia yang terbilang muda itu tentu tidak wajar dan harus lebih diselidiki apa penyebabnya.

Kenapa Sering Lupa? Padahal Masih Muda


Penyebab utama orang suka lupa adalah aliran darah ke otak tidak lancar, sehingga suplay oksigen dan nutrisi lain yang seharusnya masuk ke otak tersumbat. Jantung memiliki peranan untuk mensuplay darah ke seluruh tubuh termasuk ke otak, darah yang dipompa oleh jantung secara bersamaan membawa oksigen keseluruh tubuh. Jika aliran darahnya tidak lancar maka secara otomatis suplay oksigen juga ikut tersumbat.

Beberapa hal yang membuat anda sering lupa :

Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan sering lupa, diantaranya adalah :

1. Multitasking

Saat anda sedang fokus bekerja, lalu ada teman yang ngajakin ngobrol. Maka otak anda akan kebingungan antara mau lanjut kerja atau mau dengerin teman yang ngajak ngobrol? Jika hal ini sering terjadi secara terus menerus bukan tidak mungkin anda akan mengalami sering lupa atau mudah lupa.

2. Stress

Ketika stress melanda akibat pekerjaan atau hal lain maka kinerja otak juga akan terganggu, hal ini sangat berpengaruh terhadap daya ingat. Ada baiknya anda segera menyelesaikan setiap masalah-masalah baru, jangan membiasakan diri untuk menumpuk-numpuk masalah karena dapat membuat anda stress setiap hari.

Beberapa dokter juga menganjurkan untuk menghindari stress yang berkepanjangan jika ingin daya ingat tetap tajam, jika anda stress saat bekerja ada baiknya anda mengambil cuti dan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

3. Sering bermain HP

Terkadang ada teman yang saking sibuknya main hp entah main game atau sedang membuka sosmednya susah diajak ngobrol, terlalu lama bermain handphone dapat mengakibatkan anda lupa waktu. Setelah sekian lama main hp dan berhenti seseorang terkadang menjadi stress, stress inilah yang membuat anda mudah atau sering lupa.

4. Begadang

Begadang adalah kebiasaan buruk yang sangat sulit dihindari bagi kaum remaja, padahal begadang sangat buruk bagi kesehatan anda. Selain mengakibatkan stress begadang juga dapat menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah.

Begadang juga masih berkaitan dengan point no 2 yaitu menyebabkan stress dan mudah lupa.

5. Pola hidup tidak sehat

Mulai sekarang sebaiknya tinggalkanlah pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, begadang, makan seenaknya dan tidak menjadwal. Bahkan bagi anda yang suka minum alkohol sebaiknya hentikan dari sekarang.

Pola hidup yang tidak sehat banyak merugikan tubuh, salahsatunya adalah membuat kesehatan jantung terganggu serta penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah ke otak sangat beresiko tinggi karena dapat membuat kinerja otak tidak optimal, bahkan lebih buruknya lagi dapat mengakibatkan stroke.

Nah bagi anda yang yang sering lupa, perbanyaklah sholat.

Kenapa ke sholat?

Saat anda melakukan sujud, maka darah akan mengalir ke otak, bisa jadi hal ini juga penyebab anda sering lupa? Karena anda jarang sholat kan?


Itu saja yang bisa saya bahas dalam materi Kenapa Sering Lupa Padahal Masih Muda?, semoga bermanfaat bagi kita semua setidaknya menambah pengetahuan. Silahkan coret-coret dikolom komentar jika ada masukan atau pertanyaan, saya sangat menghargai masukan dan pertanyaan dari sahabat semua.

16 komentar

Ternyata bener juga, bila selalu begadang muka pucat karena darah berkurang. kirain itu cuma lirik lagu biasa Mas :)

klau kekurangan sel darah merah ada gx suplemennya di natureveshop?

jadi hayu solat. coba saya penasaran suplemennya selain solat apa ya. saya cek dulu ah

poin 4 saya banget mas, tetap menjadi kebiasaan waktu muda dulu hanya dengan alasan yang berbeda. jika dulu begadang untuk senang2 dan ngumpul sama teman2, sekarang online ngeblog dll

Saya banget kalau ini mah, sering lupa, dari banyaknya penyebab sering lupa diatas setidaknya ada 3 yangs sering saya lakukan, main hp, begadang, dan multitasking...

Mungkin karena sering multitasking, kebanyakan mikir otak kita jadi masih muda sudah sering lupa mang...

bener banget nih, akhir-akhir ini saya orang yang sering lupa gara-gara dari kuliah sering banget begadang. parahnya kadang pelupa saya kambuh gak inget nama teman sendiri. saking bingungnya saya malah nyebut nama orang lain.

waduh, begadang termasuk aktifitas saya juga nih

saya sering begadang mas.. yah karena sering mainan blog ini nih yang bikin lupa waktu, lupa makan, lupa minum, lupa doi

Ada dong ferrovit hehehe
kan udah teruji secara klinis

iya kalau dulu mungkin masih bujangan hehehe
Kalau udah nikah biasanya jadi jarang begadang :)

berarti itu penyebabnya yamas, coba dikurangi dulu multitasking sama main hp nya mas :)

iya mas, otaknya sudah keteteran malah ditambah tugas lagi jadi seperti itu mudah lupa :)

hehe, masa sih sampai lupa nama teman sndiri? Kalau sudah terlalu parah sebaiknya langsung dikonsultasikan dengan dokter :)

Asal jangan lupa bahagia hahahaha

Yang komentar pasti Tamvan Dan Cantik :)
EmoticonEmoticon