Suplemen Pemutih Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Amankah?

Suplemen Pemutih Untuk Ibu Hamil

Sampai saat ini saya sering mendapatkan pertanyaan konsumen "Amankah mengkonsumsi suplemen pemutih kulit untuk ibu hamil dan menyusui?"

Suplemen pemutih yang memiliki BPOM memang aman untuk dikonsumsi, namun bukan berarti aman juga untuk ibu hamil dan menyusui. Karena situasinya berbeda, jika anda salah mengkonsumsi akan sangat fatal sekali bagi janin yang ada dalam kandungan, bagi yang menyusui juga sama karena kandungannya bisa tersalurkan melalui ASI.

Kecuali anda memberikan anak susu formula.

ASI lebih baik daripada sufor, sufor minim DHA sedangkan ASI memiliki banyak kandungan penting termasuk DHA.

Baca juga : 4 Suplemen Kulit yang Wajib Anda Coba

Berikut kandungan yang berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui :

  • Retinoid
  • Merkuri
  • Hydroquinone
  • Benzoil peroxide
  • BHA
  • Rhodamin

Suplemen Pemutih Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Amankah?


Suplemen pemutih kulit boleh-boleh saja dikonsumsi ibu hamil dan menyusui asal dengan pengawasan dokter, hal ini juga demi kebaikan anda dan janin atau anak. Mungkin tidak semua suplemen kulit itu aman, oleh karenanya anda perlu mengkonsultasikan komposisi atau bahan yang terkandung dalam suplemen tersebut dengan dokter atau bidan anda.

Sebelum membeli sebuah suplemen anda harus meminta komposisi suplemen pemutih kulit kepada penjual atau meminta penjual memfotokan komposisi produknya, kalau kata dokter boleh silahkan beli kalau tidak boleh anda bisa mencari referensi produk lain.

Ada BPOM saja tidak menjamin bahwa produk tersebut aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Semua suplemen pemutih kulit sebenarnya tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui, semuanya tanpa terkecuali. Hal itu karena agar anda lebih memprioritaskan nutrisi untuk janin atau anak anda.

Baca juga : Bolehkah minum suplemen kulit saat puasa?

Langkah bijak :

Adapun langkah bijak yang sebaiknya anda ambil, nutrisi untuk anak jauh lebih penting jadi anda juga wajib mengkonsumsi vitamin untuk menyehatkan janin. Anda tidak dilarang untuk merawat kulit kok, silahkan saja mau pakai suplemen kulit, cream wajah, sabun pencuci wajah atau yang lainnya.

Namun ingat konsultasikanlah produk-produk tersebut dengan dokter atau bidan anda demi kesehatan janin anda.

Intinya pemutih kulit apapun yang anda pakai haruslah dengan pengawasan ahli seperti dokter atau bidan.

Semoga bermanfaat!!

21 komentar

Baiknya ga usah ambil resiko ya mas. Utamakan bayi dulu. Entar kalau sudah lahir barulah bisa konsumsi suplemen

jadi ikuti aja saran dokter ya mas. walaubagaimanapun juga kebaikan janin harus jadi pertimbangan.
apalagi mas hedri menuliskan kurang dianjurkan bagi ibu hamil.
ini penjual yang hebat baik buruknya di beri tahu jadi konsumen akan merasa aman dan terjaga

menyusui juga nggak dianjurkan, baca satu paragraf sih

betul mang, apapun produk perawatannya harus dan wajib dikonsultasikan dengan ahlinya seperti dokter atau bidan.

iya mang, untuk keamanan juga sih, memang akibatnya fatal kalau bumil dan busui pakai suplemen yang memiliki kandungan berbahaya :)

sebagian pengguna obat obatan terkadang hanya mementingkan diri sendri tidak mempertimbangkan efek baik dan buruknya , terlebih dalam keadaan hamil, apapun itu selama masa kehamilan diharus kan menjaga setiap apa yg dikomsumsi demi kesehatan calon bayinya ...

sering konsultasi ke dokter selama masa kehamilan ini akan lebih baik ya mas..minum suplemen sepertinya harus dihindari...semetara di ganti dulu dengan yang herbal

iya buru buru kayaknya tuh ...

jadi jika memang terpaksa minum suplemen pemutih itu masih batas aman tetapi tidak aman untuk bayi ya mas....

Jadi intinya minum suplemen pemutih harus tahu kondisi badan dulu, jika sedang hamil atau menyusui perlu pertimbangan yang matang karena menyangkut bertumbuhan janim ataupun bayi, kan om?

iya betul mas, itulah alasan kenapa setiap suplemen kulit tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil dan menyusui agar ibu lebih memprioritaskan nutrisi janin

betul mas, sebaiknya sih pakai produk kecantikan yang berbahan alami, bisa dikonsultasikan dengan dokter langsung lah :)

iya mba, kalau mau konsumsi suplemen kulit baik pemutih atau lainnya harus dikonsultasikan dulu dengan bidan atau dokter, memastikan bahan kandungan berbahaya atau tidaknya buat janin :)

Jujur aja saya mah sok isin kalo komen disini teh, soalnya pasti moal beli, maklum saya belum menyusui, Kang. :(

hahaha mas hendri tau klo bacanya cuma spin...

karena saya tamvan jadi komen ah, kalau lagi hamil emang banyak pantangannya atuh mas hendri, meskipun blm pengalaman hamil, tapi sering baca baca artikel kesehatan termasuk di blog ini. ya ada beberapa suplemen tertentu yang tidak baik di konsumsi saat ibu sedang hamil dan menyusui. jd buat ibu ibu ehh, calon ibu kalau masib pertama hamil nah, sebaiknya atuh ikuti saran parah ahli untuk kebaikan sang buah hati dan diri sendiri. hati bisa berbuah yah ?

saya ijin share G+ aja kang yaa...

hehe, nggak enak juga kalau kita bw ke temen cuman baca separagraf, harus saling :)

hehe, nggak masalah kang. Bahkan dengan kunjungan teman-teman saja sudah cukup membantu buat saya :)

iyah mas ihsan memang untuk bumil dan busui tidak direkomendasikan, kalau mau pakaipun harus dikonsultasikan dengan dokter lagi :)

kalau urusan pemutih amankah atau nggak amankah, itu mah kumaha bengeut weh ah, nu penting mah fokus ke perut hamilnya foto itu, jadi kangen sama ibu-ibu hamil dehah

hahaha

kangen ibuke hamil lagi yah, silahkan nambah lagi anaknya :D

Yang komentar pasti Tamvan Dan Cantik :)
EmoticonEmoticon